4 Tips Atur Keuangan Sebelum Mudik Supaya Enggak Boncos!

(Sumber gambar: Freepik)

(Sumber gambar: Freepik)

Like

Sebelum mudik, penting untuk mempertimbangkan biaya besar dan kecil yang akan muncul. Meskipun nantinya akan menerima THR, mudik dapat berdampak besar pada keuangan Anda.

Selain biaya transportasi, Anda juga perlu memperhitungkan pengeluaran di kampung halaman. Tanpa perencanaan yang matang, keuangan Anda bisa terganggu setelah mudik.



Tips Atur Keuangan Sebelum Mudik

1. Estimasikan Biaya Liburan dari Sekarang

Sebelum mudik, hitunglah perkiraan pengeluaran Anda, termasuk harga tiket, bahan bakar, makanan, dan uang yang akan dibagikan kepada sanak saudara.

Baca Juga: Pengin Investasi Kamu Cuan Maksimal? Berikut 6 Tipsnya!

Gunakan pengeluaran mudik tahun lalu sebagai panduan. Manfaat menghitung perkiraan pengeluaran adalah untuk mengetahui jumlah dana yang akan dikeluarkan selama mudik.


Untuk perjalanan mudik, sebaiknya persiapkan jauh-jauh hari. Putuskan transportasi yang akan digunakan, terutama jika kamu ingin menggunakan angkutan umum seperti pesawat atau kereta api.

Tiket angkutan umum ini seringkali habis terjual atau harganya meningkat menjelang hari keberangkatan. Dengan perencanaan yang matang, kamu juga bisa mulai menabung untuk biaya mudik. 



2. Lihat Keadaan Tabungan Anda

Melansir dari laman cnbcindonesia.com, setelah memperkirakan biaya mudik, periksa aset tunai Anda (kas dan setara kas).

Baca Juga: 3 Negara di Amerika Selatan Gunakan Bitcoin Sebagai Mata Uang

Idealnya, aset tunai harus sekitar 15-20% keuangan yang anda miliki secara bersih. Pastikan aset tunai Anda juga cukup untuk menutupi biaya mudik.

Jangan sampai total biaya mudik sama atau lebih dari aset tunai Anda. Jika ini terjadi, biaya mudik Anda sudah berlebihan. Lalu, usahakan agar biaya mudik tidak melebihi 50% aset tunai yang Anda miliki.