Investor Pemula? Jangan Khawatir untuk Mulai Berinvestasi

pinterest-zonkeu.com

pinterest-zonkeu.com

Like

Berinvestasi tidak bisa lepas dengan kondisi keuangan pada saat Ramadhan.  Ada kaitan yang sangat erat di mana orang sering bertanya mengapa meskipun pengeluaran Ramadhan sudah cukup besar harus tetap berinvestasi?

Memang pola belanja saat Ramadhan, lebih besar ketimbang sebelum Ramadhan.  Hal ini  mengakibatkan keuangan menipis.

Tapi jika kita masih memiliki dana alternatif yaitu dana dari THR.  Apakah kita harus menghabiskan THR saat Ramadhan sekaligus?.

Baca Juga: Sebelum Berinvestasi, Pertimbangkan 5 Tips Berikut!

Manajemen keuangan yang tepat adalah jawaban tepat untuk berinvestasi.  Kelolalah keuangan dengan baik sehingga Anda akan mendapatkan profit atau cuan yang lebih besar .


Tak perlu ragu-ragu untuk berinvestasi karena investasi itu bermanfaat untuk masa depanmu.  Apabila keraguanmu tentang belum pernah berinvestasi, mari kita belajar bersama-sama.


 

Tujuan Investasi

Tujuan investasi itu harus sesuai dengan tujuan keuanganmu.  Dalam perencanan keuanganmu, sobat tentu sudah membuat apa saja yang ingin kamu capai.

Contohnya di tahun 2024, ingin membeli motor, jadi tujuan investasimu adalah untuk pembelian motor. Tentu harus punya modal untuk down payment, dan cicilan.  

Investasi harus bersifat jangka panjang, bukan sekedar bulan ini saya investasi, bulan depan tidak. Jadi tujuan utama jangka panjang untuk safety net atau jarring pengaman ketika Sobat membutuhkan untuk biaya pendidikan anak, pernikahan, kesehatan.

Baca Juga: Rupiah Melemah Terhadap Dolar AS: Analisis Perdagangan Awal Pekan


 

Mengetahui Profil Risiko yang dimiliki

Dalam berinvestasi, tiap pribadi atau orang itu punya profil masing-masing. Contohnya ada profil yang agresif, moderat dan konservatif.

Identifikasi profil sebagai investor, lalu belilah produknya sesuai dengan profil.  Contoh jika Sobat seorang yang ingin cepat dapat cuan, maka carilah produk yang agresif. Siapkan dana khusus tersendiri

Alokasikan dana untuk investasi khusus dalam akun tersendiri, tidak bercampur dengan akun untuk operasional.  

Baca Juga: Mengenal Lebih dan Memahami Esensi Investasi Syariah yang Tentunya Menguntungkan dan Aman