Dampak Ekonomi Akibat Runtuhnya Jembatan Baltimore: Batu Bara dan Saham Ikut Terdampak?

Like

Dampak Ekonomi dari Ambruknya Jembatan di Baltimore

Kapal kontainer Dali telah berangkat dari Baltimore menuju Kolombo, Sri Lanka. Perusahaan manajemen kapal, Synergy Marine Group, menyatakan bahwa semua 22 anggota awak, termasuk dua kapten, telah ditemukan selamat tanpa cedera.

Kapal yang terdaftar di Singapura dan dimiliki oleh Grace Ocean Pte Ltd ini memiliki panjang 948 kaki (289 meter) dan dapat memuat kontainer.

Kapal tersebut juga dapat menampung hingga 10.000 unit setara dua puluh kaki (TEU) dan saat ini mengangkut 4.679 TEU.

Baca Juga: Sempat Alami Kecelakaan, Toyota Kembali Operasikan Kendaraan Tanpa Pengemudi e-Palette

Jembatan Baltimore yang runtuh pada Selasa diperkirakan akan menutup pelabuhan tersebut untuk ekspor batu bara selama enam minggu.


Hal ini berpotensi menghentikan pengangkutan 2,5 juta ton batu bara. AS, yang mengekspor 74 juta ton batu bara tahun lalu, sangat bergantung pada terminal batu bara Baltimore.

Penutupan terminal utama ini dapat mengganggu pasokan energi global, karena para pelaku industri yang baru pulih dari dampak pandemi akan terhambat sekali lagi. 

Melansir dari laman bloombertechnoz.com, menurut Energy Aspects, lalu lintas pengiriman di Baltimore dapat terganggu selama 2-3 minggu.

Pengiriman batu bara mungkin akan dialihkan ke pelabuhan lain, seperti Norfolk, Virginia. Gangguan pasokan akan berdampak signifikan pada pasar batu bara Asia karena sebagian besar batu bara yang diekspor dari Baltimore mengandung sulfur tinggi yang tidak sesuai untuk pembangkit listrik Eropa.

Tidak hanya itu saja, saham perusahaan pertambangan dan transportasi batu bara AS menurun pada Selasa seperti Saham Consol Energy yang turun sekitar 5,4%, dan saham CSX turun 0,4%.

Baca Juga: Gara-Gara Autopilot Tesla Sering Bermasalah, AS Lakukan Investigasi!

Terminal batu bara Consol di area Jembatan Baltimore dimuat ke kapal besar oleh CSX. CSX mengumumkan bahwa mereka memiliki kapasitas untuk mengangkut lebih banyak kargo ke terminal batu bara Baltimore yang dilayaninya, tetapi apabila kapasitas penuh, pelanggan CSX akan mengalami penundaan pengiriman.


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? 
Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. 

Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.