Jangan Asal Investasi, Pelajari 5 Hal Berikut Sebelum Jadi Investor!

Ilustrasi tips cara berinvestasi yang aman

Ilustrasi tips cara berinvestasi yang aman

Like

Memahami literasi keuangan adalah hal yang penting saat ini. Literasi keuangan yang baik memiliki banyak manfaat bagi keuangan kita.

Misalnya, dapat menjaga agar kondisi keuangan kita selalu terjaga dan dapat mengelola secara teratur keuangan kita sehingga dapat memberikan keuntungan.

Beberapa studi dan penelitian menunjukkan bahwa pemahaman literasi keuangan yang baik akan menumbuhkan minat untuk berinvestasi.

Baca Juga: Investor Pemula? Jangan Khawatir untuk Mulai Berinvestasi

Akan tetapi jaman sekarang banyak jenis investasi yang harus dicermati dengan baik, karena bukannya memberikan keuantungan bagi kita melainkan malah membuat kita buntung.


Agar kita aman dalam berinvestasi, berikut ada 5 tips yang dapat membantu kita lebih berhati-hati dalam memilih jenis investasi.

 

1. Tentukan Tujuan Berinvestasi

Apabila tujuan kita adalah untuk jangka panjang, misalnya seperti untuk dana pensiun maka investasi di logam mulia adalah pilihan yang cocok.

Harga emas cenderung dapat mengimbangi dari tingkat inflasi, sedangkan untuk investasi jangka pendek dapat memilih instrument SBN (Surat Berharga Negara) dan deposito dengan jangka waktu pendek.

Baca Juga: Rupiah Melemah Terhadap Dolar AS: Analisis Perdagangan Awal Pekan

 

2. Siapkan Dana Darurat

Jangan berinvestasi sebelum dana darurat kita sudah siap. Dana darurat merupakan dana yang digunakan ketika keadaan mendesak terjadi, seperti kehilangan pekerjaan.

Dana darurat sangat penting sehingga wajib untuk kita siapkan. Apabila kita tidak mempunyai dana darurat dan kita dalam keadaan genting maka yang ada dana investasi kita lama kelamaan akan tergerus untuk hidup.

Bahkan mungkin sebelum mencapai tujuan kita, dana investasi kita sudah habis.