Pertamina Memastikan Ketersediaan BBM dan LPG Selama Arus Mudik dan Hari Raya Idul Fitri

Pom Pertamina (Sumber gambar: sinpo.id)

Pom Pertamina (Sumber gambar: sinpo.id)

Like

Pertamina, sebagai salah satu perusahaan energi terkemuka di Indonesia, memainkan peran penting dalam memastikan ketersediaan energi bagi masyarakat.

Terutama selama masa arus mudik dan Hari Raya Idul Fitri. Menyadari pentingnya kebutuhan ini, Pertamina telah membentuk Satuan Tugas (SATGAS) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) yang bertugas untuk memastikan kelancaran pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Gas Liquefied Petroleum Gas (LPG) di seluruh Indonesia.

Maya Kusmaya, Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga PT Pertamina Patra Niaga, menjelaskan bahwa SATGAS RAFI telah disiapkan untuk mulai bertugas sejak tanggal 25 Maret hingga 21 April 2024.

Baca Juga: 4 Tips Atur Keuangan Sebelum Mudik Supaya Enggak Boncos!

Fokus utama SATGAS RAFI adalah memastikan kehandalan operasional dari terminal BBM dan LPG hingga ke titik distribusi akhir seperti SPBU dan SPBE.


Selain itu, mereka juga menyiagakan build-up stock dan fakultatif untuk memastikan ketersediaan energi yang memadai.

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, salah satu anak perusahaan Pertamina yang beroperasi di wilayah Sumbagsel, memprediksi adanya peningkatan signifikan dalam kebutuhan BBM dan LPG selama periode Satgas RAFI.

Baca Juga: Hikmah Ramadhan: Dampaknya pada Budaya Mudik Lebaran Orang Indonesia

Terutama di wilayah Bengkulu, diperkirakan akan terjadi kenaikan kebutuhan sebanyak 12 persen untuk Gasoline (bensin) dan sekitar 6 persen untuk LPG dibandingkan dengan bulan sebelumnya.