5 Tradisi Unik Bulan Ramadhan di Berbagai Negara

pexels-craig-adderley

pexels-craig-adderley

Like

Tradisi adalah suatu budaya atau konsep kepercayaan yang diwariskan dari generasi ke generasi.  Kebiasaan ini diulang-ulang dan sangat bermanfaat bagi kelompok penganutnya.

Datangnya bulan Ramadhan akan disambut dengan berbagai kegiatan budaya dan tradisi yang dilakukan oleh umat Muslim di tiap negara. Terutama untuk penduduk yang  mayoritas Muslim.

Indonesia sebagai negara dengan umat Muslim terbesar memiliki tradisi budaya Ramadhan seperti  ziarah kubur, nyekar untuk pengormatan kepada leluhur.  

Tidak hanya menghormati leluhur saja, tapi ada tradisi menarik di setiap daerah di Indonesia.  Tradisi lokal di Indonesia yang sangat menarik itu perlu kita ketahui supaya memperkaya khasanah budaya.

Di Jawa ada tradisi munggahan yang sangat populer. Secara harfiah munggah dalam bahasa Jawa artinya naik.  


Baca Juga: 5 Tradisi Unik di Bulan Ramadhan, Ngabuburit Salah Satunya!

Kesimpulannya munggahan memiliki derajat yang lebih tinggi dari suatu ibadah.  Kegiatan munggahan dilakukan dengan berkumpul bersama keluarga dan kerabat, makan bersama, saling bermaafan dan berdoa bersama.

Penulis juga sering  berjumpa dengan budaya munggahan bersama teman-teman olahraga senam. 3 hari sebelum memasuki Ramadhan, kita berkumpul di lapangan untuk senam.   

Selesai senam, kami langsung berkumpul berdoa, bermaaf-maafan dan akhirnya makan soto atau nasi uduk bersama-sama. 

Baca Juga: 5 Tradisi Unik Khas Pulau Jawa Menjelang Bulan Suci Ramadhan

Suatu kebiasaan yang sangat bermanfaat untuk membersihkan diri dalam memasuki bulan suci.  Bersilaturahmi dan bermaaf-maafan merupakan bagian dari ibadah.  

Saya pun baru paham bahwa tradisi ini disebut dengan tradisi Papajar .

Bukan hanya di Indonesia yang punya segudang tradisi memasuki Ramadhan,  tapi di beberapa negara seperti Timur Tengah pun punya tradisi Ramadhan yang menarik dan unik.

 

Berikut ini Beberapa Tradisi Unik di Beberapa Negara:

1. Suara Meriam di Arab Saudi

Keunikan saat Magrib tiba di Arab Saudi yaitu dengan membunyikan meriam sebagai tanda berbuka puasa.

Bukan hanya di Arab Saudi saja, tapi dentuman Meriam juga dapat ditemukan di Qatar, Lebanon, Oman, Kuwait, Tunisisa, Suriah, Bahrain.

Baca Juga: Indahnya Tradisi dan Kehangatan Bulan Suci Ramadhan ala Suku Batak

 

2. Sahur on the Road di Turki

Lain lubuk lain belalangnya, di Turki tradisi yang dikenal “Sahur on the Road”, di pagi buta orang mengunjungi rumah saudara dan teman untuk bersahur bersama dan memberikan makanan sahur.  Maknanya untuk memperkuat persaudaraan dan kebersamaan di antara komunitas

 

3. Bazar Ramadhan di Malaysia

Selain tradisi di atas, ada tradisi yang sangat dinantikan di Malaysia yaitu Bazar.  Di Bazar itu ada banyak makanan untuk berbuka puasa, mulai dari makanan tradisional hingga makanan jajanan popular. 
MEnikmati kebersamaan sambil berbagi dan berkumpul.