7 Tips Agar Tetap Produktif di Bulan Ramadhan

ilustrasi target dan tujuan. sumber pixabay.com

ilustrasi target dan tujuan. sumber pixabay.com

Like

Ramadhan, bulan penuh berkah dan keutamaan, seringkali menjadi tantangan bagi banyak orang dalam menjaga produktivitas, terutama dalam hal pekerjaan atau aktivitas sehari-hari.

Hal ini kemungkinan terjadi karena adanya toleransi saat Ramadhan. Seperti masuk kerja atau sekolah lebih siang, jam istirahat lebih lama dan lain sebagainya.

Sejatinya Bulan Ramadhan adalah waktu yang sangat spesial untuk meningkatkan kualitas ibadah dan menjalani hidup dengan penuh makna.

Meskipun tantangan produktivitas mungkin muncul, dengan perencanaan yang baik, manajemen waktu yang efektif, dan pola hidup yang sehat, kita dapat tetap produktif dan menjalani bulan Ramadhan dengan penuh berkah dan kebahagiaan.

Baca Juga: Pemanfaatan Teknologi dan Kiat-Kiat Khas Ramadhan: Kunci Tetap Produktif selama Berpuasa


Berikut  beberapa tips yang dapat diterapkan Agar tetap produktif selama bulan Ramadhan:



1. Membuat Rencana Kegiatan

Membuat rencana kegiatan ini berguna agar kita mempunyai target atau tujuan. Akan dan hendak melakukan apa sehingga bisa sigap dalam melakukan sesuatu.

Serta dapat membagi waktu dan tugas dengan tepat antara ibadah, pekerjaan, istirahat, dan aktivitas lainnya sehingga tidak kerepotan sendiri. 
 


2. Manfaatkan Waktu Sahur

Sejatinya waktu setelah sahur adalah waktu yang ideal untuk memulai hari dengan energi yang baik. Selain makan dan minum, manfaatkan waktu sahur untuk membaca Al-Qur'an, berdoa, membaca buku dapat dilakukan sebelum menjalani hari dan tidak menyia-nyiakan waktu untuk tidur. 

Baca Juga: Say No To Mager! Ini Tips Menjaga Produktivitas di Kala Ramadan



3. Membuat Daftar Prioritas Kegiatan

Tetapkan prioritas pada tugas-tugas yang paling penting dan mendesak terlebih dahulu. Dalam hal ini kita bisa membagi ke dalam beberapa kategori.

Misal: Penting dan mendesak berarti harus dikerjakan sekarang. Penting tetapi tidak urgent, bisa dikerjakan nanti setelah tugas pertama selesai dan seterusnya.