Milenial Tangguh Finansial, Tapi Bingung Rencanakan Masa Depan?

Like

Melansir dari laman suara.com, laporan terkait hal tersebut menunjukkan perbedaan mencolok dalam stabilitas keuangan antara penduduk perkotaan dan pedesaan di Indonesia.

Penduduk kota mengungkapkan tingkat keyakinan keuangan yang lebih tinggi, dengan 59% merasa aman secara finansial, sementara hanya 50% penduduk pedesaan yang merasakan hal yang sama.

Selain itu, di antara responden, sebagian besar (45%) menganggap emosi dan kepercayaan sebagai faktor penentu dalam keputusan keuangan mereka.

Untuk informasi finansial, institusi keuangan menjadi sumber paling tepercaya. Sementara media sosial banyak digunakan untuk konsultasi keuangan (56%), hanya sebagian kecil (16%) yang mempercayainya.

Baca Juga: Menelusuri Kisah Dinasti Rothschild dari Tokoh Legenda Finansial Global, Jacob Rothschild


Hasil dari survei tersebut juga menemukan bahwa individu kaya memiliki kesenjangan dalam pengetahuan keuangan mereka.

Mereka mungkin meremehkan pengeluaran, kurang dalam perencanaan jangka panjang, dan berbelanja di luar batas anggaran sebanding dengan individu berpenghasilan rendah (masing-masing 15%-18%). 

Indeks Ketahanan Finansial Sun Life Asia dirancang untuk meneliti bagaimana orang mempersiapkan diri dan mengatasi peristiwa tak terduga yang memengaruhi keuangan mereka.

Indeks ini mengukur ketahanan finansial melalui lima aspek: kepercayaan diri, perilaku, perencanaan, alat, dan sumber daya.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Gen Z Wajib Punya Asuransi

Indeks ini didasarkan pada survei anonim pada Oktober 2023 yang melibatkan 8.000 responden (1.000 per negara) di delapan negara Asia, meliputi Indonesia, Tiongkok, Hong Kong, India, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Vietnam.



---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung