Milenial Tangguh Finansial, Tapi Bingung Rencanakan Masa Depan?

(Sumber gambar: Freepik)

(Sumber gambar: Freepik)

Like

Generasi milenial Indonesia umumnya memiliki ketahanan finansial yang baik. Namun, banyak dari mereka belum menyusun strategi keuangan untuk masa depan.

Temuan ini didasarkan pada Laporan Ketahanan Finansial Sun Life, yang menganalisis perilaku dan keyakinan finansial di delapan negara Asia, termasuk Indonesia.

Penelitian ini juga mengungkap tantangan dalam membangun ketahanan finansial jangka panjang. Melansir dari laman kompas.com, Menurut Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Indonesia, penelitian yang melibatkan 1.000 rumah tangga di Indonesia menunjukkan bahwa generasi milenial adalah generasi yang paling ulet secara finansial.

Baca Juga: Navigasi Finansial: Panduan Praktis untuk Investasi selama Bulan Ramadhan

Studi ini menemukan bahwa orang di Asia lebih percaya pada pencapaian tujuan keuangan jangka panjang daripada kesiapan.


Dibandingkan dengan rata-rata Asia sebesar 69%, 65% responden di Indonesia yakin dapat mencapai tujuan keuangan jangka panjang mereka.

Namun, hanya 43% responden yang memiliki rencana keuangan lebih dari satu tahun ke depan, dibandingkan dengan rata-rata Asia sebesar 40%.

Selain itu, hanya 21 persen orang Indonesia yang telah menetapkan rencana pensiun atau tabungan untuk mencapai tujuan keuangan mereka di masa depan, meskipun pensiun dan tabungan tetap menjadi prioritas keuangan kedua yang paling penting bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Mengelola Keuangan Selama Bulan Ramadhan: Dari Aspek Perencanaan Hingga Evaluasi