5 Tradisi Unik Khas Daerah Jelang Lebaran, Ada yang Bakar Gunung Api!

Sumber gambar: pinterest

Sumber gambar: pinterest

Like

Lebaran adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim, karena merupakan hari kemenangan umat muslim setelah menjalankan ibadah puasa.

Ada banyak hal atau kegiatan yang kita lakukan sampai kegiatan itu menjadi tradisi atau kebiasaan kita. Seolah, tidak afdhol rasanya jika tidak melakukan kegiatan itu di waktu lebaran.

Mulai dari kegiatan mudik, takbir keliling, halal bihalal, beli baju baru, buat ketupat hingga berziarah makam.

Berdasarkan sumber dari pramborsfm.com, ada beberapa daerah di Indonesia yang memiliki adat istiadat atau tradisi yang biasa dilakukan atau bahkan wajib ada di waktu lebaran.

Tradisi-tradisi yang menyesuaikan dengan adat dan budaya daerah masing-masing tentu akan membawa ragam cerita yang unik.


Berikut ada 5 daerah yang memiliki tradisi unik dan khas saat lebaran:

Baca Juga: 5 Tradisi Masyarakat Jawa Tengah dalam Merayakan Lebaran: Dari Balon Udara Hingga Lebaran Ketupat


 

1. Tradisi Meugang (Aceh)

Meugang adalah tradisi memasak daging yang dilakukan sehari sebelum hari raya Idul Fitri. Tradisi ini merupakan tradisi yang dibawa oleh Sultan Iskandar Muda yang awalnya ditujukan Sang Sultan untuk kaum-kaum anak yatim dan duafa.

 


2. Tradisi Tellasan Topak (Madura)

Tradisi Tellasan Topak merupakan tradisi yang dilakukan atas bentuk syukur setelah menjalani kegiatan puasa sunnah usai merayakan hari raya Idul Fitri.

Baca Juga: 9 Tradisi Unik Perayaan Lebaran di Berbagai Daerah di Indonesia

Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat Madura pada hari ketujuh di bulan Syawal.

Kegiatan dari tradisi ini berupa kegiatan naik perahu, mengunjungi objek wisata, saling mengantar makanan, dan lain-lain.