5 Tradisi Masyarakat Jawa Tengah dalam Merayakan Lebaran: Dari Balon Udara Hingga Lebaran Ketupat

Ilustrasi tradisi balon udara (Sumber gambar : pexels.com/pixabay)

Ilustrasi tradisi balon udara (Sumber gambar : pexels.com/pixabay)

Like

Indonesia mempunyai mayoritas penduduk beragama Islam, sehingga bisa dikatakan perayaan lebaran di negara ini cukup ramai.

Banyak daerah yang mempunyai tradisi unik dalam merayakan lebaran, seperti Jawa Tengah yang mempunyai beberapa kota dan kabupaten dengan tradisi lebaran yang menarik. Tradisi tersebut antara lain adalah :
 


1. Lomban

Dilansir dari laman Wikipedia yang dimaksud Lomban atau disebut juga dengan bakda kupat (lebaran kupat) adalah pesta masyarakat nelayan di wilayah Kabupaten Jepara dalam bentuk sedekah laut.

Akan tetapi sekarang tradisi ini dirayakan tidak hanya masyarakat nelayan saja, malainkan masyarakat Jepara. Acara ini dirayakan setelah 7 hari setelah hari raya Idul Fitri dengan bersenang-senang.

Baca Juga: 9 Tradisi Unik Perayaan Lebaran di Berbagai Daerah di Indonesia


 

2. Gunungan Syawal

Tradisi ini merupakan tradisi masyarakat Solo yang dilakukan di alun-alun utara dan Masjid Agung. Menurut laman Solopos, yang dimaksud dengan prosesi gunungan Syawal adalah 2 gunungan yang merupakan gunungan Jaler (laki-laki) yang dihias dengan aneka hasil bumi dan gunungan estri (perempuan) yang dihias dengan makanan rengginang.

Kedua Gunungan itu akan diperebutkan oleh warga setelah didoakan oleh takmir Masjid Agung.

Baca Juga: Ragam Tradisi dan Adat Istiadat Lebaran di Indonesia, Perkuat Kebhinekaan Budaya