PT Timah Tbk (TINS) Mencatat Rugi Rp450 Miliar di Tahun 2023: Penyebab dan Dampaknya

Like

Dengan demikian, pendapatan perusahaan pada tahun 2023 mengalami penurunan sebesar 33%, menjadi hanya sekitar Rp8,3 triliun.

Dampak dari penurunan produksi dan harga timah ini tidak hanya terbatas pada pendapatan perusahaan, tetapi juga berimbas pada kinerja keuangan secara keseluruhan.

Aset TINS mengalami penyusutan sebesar 1,6?ri tahun sebelumnya, menurun menjadi sekitar Rp12,85 triliun.

Demikian pula, ekuitas perusahaan turun sebesar 11%, menjadi sekitar Rp6,2 triliun. Bahkan, utang bunga perusahaan meningkat sebesar 26%, mencapai angka sekitar Rp3,48 triliun.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Resmikan Pembangunan Smelter Freeport di Gresik, Apa Itu?


Penurunan ekuitas dan aset perusahaan ini juga berdampak pada penurunan kepercayaan dari pihak perbankan.

Menurut Ahmad Dani, faktor eksternal seperti lambatnya pemulihan perekonomian global dan domestik, serta tekanan harga logam timah di pasar global, juga turut mempengaruhi penurunan kinerja perusahaan.

Aktivitas penambangan timah tanpa izin di Bangka Belitung juga menjadi permasalahan serius yang berdampak negatif pada bisnis pertambangan di Indonesia, khususnya bagi PT Timah.

Fina Eliani, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Timah, menambahkan bahwa kondisi ekonomi global dan domestik yang belum membaik, serta lemahnya permintaan logam timah global di tengah aktivitas penambangan tanpa izin, menjadi faktor utama penurunan kinerja perusahaan. 

Secara keseluruhan, kondisi ekonomi global yang belum membaik dan tekanan harga logam timah di pasar global menyebabkan penurunan kinerja PT Timah Tbk (TINS) di tahun 2023.

Baca Juga: ANTM dan TINS Masuk Rantai Produksi Tesla, Gimana Prospeknya?

Dalam menghadapi tantangan ini, perusahaan diharapkan untuk mengambil langkah-langkah strategis yang tepat dalam mengoptimalkan produksi dan menjaga keseimbangan antara biaya dan pendapatan.



---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung