5 Kebiasaan Pemicu Kolesterol Tinggi: Kurang Aktivitas Fisik Hingga Kegemukan

Kolesterol tinggi (Sumber: www.pexels.com)

Kolesterol tinggi (Sumber: www.pexels.com)

Like

Kolesterol tinggi atau hiperlipidemia merupakan kondisi dimana terdapat kadar lemak (lipid) yang tinggi dalam darah, terutama kolesterol.

Kolesterol sendiri merupakan senyawa lemak yang penting untuk tubuh, namun jika kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Ada beberapa kebiasaan yang dapat menjadi pemicu kolesterol tinggi. Dalam artikel ini, kita akan membahas lima kebiasaan pemicu kolesterol tinggi yang perlu Anda ketahui agar dapat mencegah dan mengelola kondisi ini dengan baik.



1. Pola Makan Tidak Sehat

Salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi adalah pola makan yang tidak sehat.

Konsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol seperti daging merah berlemak, makanan cepat saji, margarin, dan produk olahan mengandung trans fat dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah.


Dianjurkan konsumsi makanan seperti buah-buahan yang tinggi akan serat. Sayur-sayuran, maupun biji-bijian dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Baca Juga: 4 Langkah Meningkatkan Omset Jelang Lebaran, Cobain Supaya Makin Cuan!
 


2. Kurangnya Aktivitas Fisik

Kurangnya aktivitas fisik juga dapat menjadi faktor risiko untuk kolesterol tinggi. Aktivitas rutin berolahraga di oagi hari dapat membantu meningkatkan dan menjaga kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) serta mengurangi kadar kolesterol LDL di dalam darah.

Selain itu, olahraga juga dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.