Lebaran Semakin Dekat! Harga Bahan Baku Jadi Melonjak!

Sumber gambar: pinterest

Sumber gambar: pinterest

Like

Tak terasa lebaran sebentar lagi. Menjelang hari raya Idul Fitri, harga bahan baku jadi meningkat. Mulai dari harga beras, daging telur hingga buah nangka yang digunakan untuk membuat gudeg yang biasanya cuma 10.000 kini naik hingga mencapai 25.000.

Di kutip dari kompas.com, harga angka muda menjadi naik lebih dari dua kali lipat. Artinya, harga nangka muda mengalami kenaikan yang signifikan.

Tak hanya buah nangka, daging ayam di Pasar Beringharjo juga mengalami kenaikan harga. Bahkan ada beberapa penjual ayam yang merasakan kenaikan ayam dirasakan  sejak memasuki bulan puasa.

Baca Juga: Harga Bajan Pokok Naik Setiap Ramadhan dan Lebaran, Mungkinkah Bisa Diturunkan?

Kenaikan harga ayam mulai dari Rp40.000/kg dari harga yang sebelumnya hanya Rp35.000.


Sementara itu, harga nangka yang buahnya bagus itu bisa mencapai 25.000, sedangkan yang biasa saja mencapai 20.000.

Biasanya nangka yang buahnya bagus itu digunakan untuk membuat gudeg. Tetapi tak sedikit juga pembeli yang minta nangka muda sekalian dicacah-cacah agar bisa langsung dimasak.

Tak hanya harga daging ayam dan buah nangka yang menjadi bahan untuk membuat gudeg, telur ayam ras juga mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan.

Harga telur yang semula hanya Rp27.500/kg, kini mencapai Rp29.000/kg nya.

Baca Juga: Update Bahan Baku Jelang Lebaran, Ini yang Mesti Kamu Ketahui!

Cabai merah keriting juga masih terpantau tinggi harganya mencapai Rp90.000/kg nya. Sementara beras masih stabil tinggi, yakni Rp15.000 - Rp18.000/kg nya.

Hal semacam ini sebenarnya seperti sudah biasa terjadi setiap tahunnya. Selalu mengalami kenaikan harga yang cukup siginifikan setiap menjelang ramadhan dan hari raya Idul Fitri.