4 Ragam Tradisi dan Adat Jelang Lebaran di Indonesia: Dari Sumatera Barat Hingga Bali

Like

2. Lebaran Topat (Bali)

Dari daerah Bali, ada sebuah tradisi unik juga bernama Lebaran Topat. Lebaran Topat merupakan tradisi yang diadakan pada saat hari raya Idul Fitri dan upacara ini dilakukan untuk dapat memohon keselamatan bagi masyarakat Hindu di Bali.

Selama upacara berlangsung, masyarakat membuat topat yang merupakan sejenis ketupat yang dibuat dari janur dan diberikan kepada sesama umat Muslim serta warga Hindu sebagai tanda toleransi antar umat beragama.

 

3. Nyekar (Jawa)

Nyekar merupakan sebuah tradisi yang dilakukan untuk menghormati para leluhur atau orang yang telah meninggal dunia.

Tradisi ini biasanya dilakukan saat lebaran dan bertujuan untuk mendoakan orang atau keluarga yang telah meninggal dunia.

Baca Juga: Status Mahasiswa Baru, Ramadan Hari Pertama, Kuliah Hari Pertama : Sebuah Kisah Klasik


 

4. Festival Meriam Karbit (Kalimantan Barat)

Festival Meriam Karbut merupakan sebuah festival yang diadakan di Kalimantan Barat, tepatnya diadakan di tepian Sungai Kapuas saat beberapa minggu atau hari sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Tradisi ini dilakukan dengan masyarakat yang akan membuat Meriam dari bambu atau pipa besi yang diisi dengan karbit dan air.

Kemudian, Meriam tersebut akan dinyalakan dan menghasilkan suara yang besar. Tradisi dan adat istiadat Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri di berbagai daerah di Indonesia mencerminkan kekayaan budaya dan keragaman bangsa.

Tradisi-tradisi ini menjadi bagian penting dalam merayakan Lebaran dan mempererat tali silaturahmi serta tak lupa juga melestarikan budaya Indonesia.

Baca Juga: Kenangan Indah di Bulan Ramadhan, Kisah Manisnya Kebersamaan dan Kedalaman Spiritual

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung