Status Mahasiswa Baru, Ramadan Hari Pertama, Kuliah Hari Pertama : Sebuah Kisah Klasik

sumber gambar : dokumentasi pribadi

sumber gambar : dokumentasi pribadi

Like

Tulisan kali ini bukan untuk menginformasikan apapun melainkan lebih ke sesi curhat, lebih tepatnya berbagi pengalaman menarik di bulan Ramadan.

Selama hidup saya, ada satu Ramadan yang cukup berkesan dalam hidup saya, yaitu tahun 2008. Wah, sudah lama juga nih yah, sekitar 16 tahun yang lalu.

Penulis berusia 17 tahun dan sudah mulai menduduki bangku kuliah. Diterima jalur undangan, istilah dulu masih PMDK merupakan suatu kebanggaan tersendiri.

Baca Juga: Kenangan Indah di Bulan Ramadhan, Kisah Manisnya Kebersamaan dan Kedalaman Spiritual

Apalagi saya bukan berasal dari SMA yang favorit, hanya SMA standar kabupaten. Alhamdulillah saat itu, yang diterima jalur undangan hanya hitungan jari termasuk saya.


Bangga pasti, bersyukur apalagi, tetapi artinya harus jauh dari orang tua, wajib merantau ke kota PTN tempat saya diterima.

Saat itu, bulan Agustus 2008 pertama kalinya merantau ke kota orang untuk menempuh pendidikan sarjana. Bulan Agustus sudah harus mempunyai tempat tinggal (kos-kosan) dan melakukan ospek (istilah saat itu).

Setelah mendapatkan kamar kos dan melakukan ospek selama 2 pekan, perkuliahan pertama pun dimulai, tepatnya pada bulan September 2008.

Baca Juga: Momen Emosional: Pengalaman Ramadhan yang Menyentuh Hati dan Jiwa