10 Hari Terakhir Ramadan: Meningkatkan Kualitas Ibadah dan Meraih Pahala yang Besar

Ilustrasi orang beribadah sumber gambar Istockphoto.com

Ilustrasi orang beribadah sumber gambar Istockphoto.com

Like
Bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah dan ampunan. Bulan sepesial bagi kita umat Muslim di seluruh dunia.

Melalui Bulan Ramadan, Allah SWT menunjukan betapa Allah maha pengasih dan penyayang dengan memberikan kesempatan emas bagi manusia untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT
 
Salah satu momen yang paling dinantikan dari bulan Ramadan adalah 10 hari terakhir, yang dipercaya bahwa Lailatulqadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan berada di sepuluh hari terakhir Ramadan.
 
Di samping itu, sepuluh hari terakhir ini merupakan kesempatan sebelum Ramadan benar-benar meninggalkan kita. Ibarat lampu hijau, kita seyogyanya bersiap-bersiap menyongsong bulan berikutnya dengan kesiapan spiritual lebih baik karena kita telah dilatih selama Ramadan. 
 
Apa sih, istimewa 10 hari terakhir Ramadan? 

1. Penutup Bulan Ramadan

10 hari terakhir penutup bulan Ramadhan maka merupakan saat yang tepat untuk kita memaksimalkan ibadah kita sebelum bulan Ramadan berakhir.
 
 

2. Malam-Malam yang Dicintai Nabi Muhammad SAW 

Malam-malam di 10 hari terakhir Ramadan merupakan hal yang dicintai Rosul. Maka kita umat-Nya, juga harus menyukai apa yang dicintai Rasulnya yaitu dengan menghidupkan malam-malam tersebut (beribadah). 

3. Kerinduan Menanti Lailatul Qadar

Tidak ada seorang pun yang tahu kapan malam Lailatulqadar. Pendapat ulama sebagian besar merkuatmenyebutkan bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada 10 terakhir bulan Ramadhan. Dan malam itu bisa berpindah-pindah di setiap tahunnya.
 
Keutamaan malam Lailatulqadar adalah malam yang keutamaannya jauh melebihi ibadah selama 1000 bulan.