Kesan Ramadhan: Merajut Kebersamaan dan Spiritualitas yang Tak Terlupakan

Sumber gambar: pinterest

Sumber gambar: pinterest

Like

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Bulan yang selalu di nanti-nanti oleh umat Islam dalam setahun.

Tidak sedikit yang bisa mendapati bulan yang penuh berkah ini. Maka, alangkah bersyukurnya kita ketika kita masih dipertemukan dengan bulan suci ramadhan.

Banyak di antara mereka yang sudah lebih dulu mendahului kita ingin dipertemukan dengan bulan yang penuh ampunan ini.

Maka, alangkah baiknya jika kita mensyukuri dan menjalankan ibadah di bulan ramadhan ini sebaik mungkin untuk menggapai ridho dan ampunannya.

Di bulan suci ramadhan, banyak kegiatan yang semula tidak kita kerjakan di setiap malamnya, kini menjadi sunnah apabila kita mengerjakannya. 


Baca Juga: Kenangan Ramadhan di Masa Pandemi: Larangan Bukber Hingga Tarawih di Rumah

Misalnya, sholat tarawih. Sholat tarawih ini menjadi suatu pengalaman yang luar biasa karena selain mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan sholat tarawih secara berjamaah ini juga menjadi tali silaturahmi bagi sesama umat muslim.

Semula kita sangat jarang dipertemukan dengan tetangga, dengan rutin berjamaah tarawih, kita akan sering dan berkomunikasi aktif dengan tetangga kita. Ini akan menjadi tali silaturahmi yang erat.

Selain melaksanakan ibadah sholat tarawih, tadarus juga menjadi sebuah pengalaman yang luar biasa indahnya.

Ketika kita dikumpulkan dengan anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua, dalam suatu kumpulan untuk mengaji dan saling menyimak bersama.

Baca Juga: Momen Emosional: Pengalaman Ramadhan yang Menyentuh Hati dan Jiwa

Kegiatan ini tentu menjadi pengalaman terkesan karena dapat saling belajar untuk mendekatkan diri dengan kitab suci Al-Qur'an.