Winter Aespa Terkena Pneumothorax: Ini dia Penjelasan, Penyebab dan Pengobatannya

Like

Pengobatan Pneumothorax

Pengobatan pneumotoraks bervariasi dari observasi ketat hingga tindakan operatif. Ini tergantung pada penyebab, atau ukuran, dan tingkat keparahan dari kondisi pennyakit tersebut.



Melakukan Observasi

Observasi yang ketat akan dilakukan pada individu dengan Pneumothorax Spontan Primer yang kecil.

Dokter melakukan rontgen berulang untuk memantau kondisi sampai paru-paru terlihat kembali mengembang sepenuhnya.

Baca Juga: Penyakit Berbahaya yang Dapat Ditularkan Melalui Ciuman pada Bayi

Dalam situasi seperti ini, ketika jaringan paru-paru masih dapat menyerap udara, aktivitas fisik biasa tidak terbukti memperburuk kondisi atau memperlambat penyembuhan.


 

Memberi Oksigen Tambahan

Untuk memastikan bahwa kondisi pasien stabil, dokter akan memberi pasien oksigen tambahan dalam kasus pneumotoraks kecil, meskipun pasien mengalami sudah gejala penyakit tersebut.

 

Pleurodesis

Dokter melakukan pleurodesis dengan mengiritasi ruang pleura sehingga pleura menempel pada dinding paru-paru dan udara tidak dapat berkumpul.

Prosedur ini dapat dilakukan dengan dua cara: mekanikal (dokter akan menyisir pleura, sehingga menyebabkan iritasi) dan kimia (dokter menggunakan iritan kimia untuk mengikat dinding paru-paru dengan pleura).

Baca Juga: 9 Alasan Ilmiah Mengapa Kurma Ajwa Layak Disantap Setiap Hari

 

Operasi

Untuk menangani Pneumothorax, terkadang tindakan operasi diperlukan, terutama dalam situasi di mana udara sudah terperangkap didalam volume besar. Torakotomi, torakoskopi dengan asistensi video, dan lobektomi adalah beberapa jenis operasi yang dapat dilakukan untuk menangani penyakit ini.



---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung