Autoimun: Musuh Dalam Selimut yang Menyerang Sistem Kekebalan Tubuh

Artis Menderita Autoimun

Artis Menderita Autoimun

Like

Baru-baru ini public figure Erica Carlina mengunggah postingan mengenai dirinya yang terkena penyakit autoimun.

Erica menyebutkan bahwa dirinya sering mengalami kesemutan di bagian otak sehingga menyebabkan kebotakan. Penyakit tersebut membuat dirinya harus beristirahat untuk sementara waktu. 

Selain Erica Carlina, ada beberapa deretan artis dan penyanyi yang juga mengidap penyakit autoimun. Mulai dari Selena Gomez, Lady Gaga, Enzy Storia, Isyana Sarasvati, Ashanty, Jessica Iskandar, hingga baru-baru ini penyanyi dangdut Cita Citata.

Autoimun adalah penyakit yang menyerang langsung sistem kekebalan tubuh. Bahkan, sistem imun tersebut menyerang sel-sel sehat di dalam tubuh itu sendiri.

Penyakit ini dapat mengakibatkan kerusakan sel jaringan yang bisa menimbulkan peradangan dalam tubuh. 


Baca Juga: Resep Sambel Jenggot: Menu Sahur yang Nikmat Dimakan dengan Nasi Hangat
 


Terdapat beberapa faktor yang disebabkan oleh penyakit autoimun, seperti:

 

1. Genetika

Untuk beberapa orang yang memiiki riwayat keluarga dengan penyakit autoimun hal ini berisiko cukup tinggi untuk mengalaminya. Gen ini membuat dirinya lebih rentan untuk terserang penyakit autoimun. 

 

2. Lingkungan 

Lingkungan jadi salah satu faktor yang menyebabkan penyakit ini muncul. Misalnya penggunaan produk yang mengandung zat merkuri, pemutih, perak, hingga emas.

Pola hidup yang tidak sehat dan berantakan juga bisa memicu munculnya penyakit autoimun. 

Baca Juga: Perbandingan Gula Merah vs Gula Aren dalam Perspektif Kesehatan

 

3. Hormonal

Penyakit ini umumnya menyerang seseorang yang mengalami stres kronis yang berkepanjangan dan menyebabkan lemahnya sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, merokok juga bisa jadi salah satu pemicu timbulnya autoimun rheumatoin arthritis.

Perlu diketahui, faktor-faktor tersebut dapat memicu dan memperburuk autoimun pada orang-orang yang rentan dan memiliki daya tahan tubuh yang lemah. 

Dilansir dalam website resmi Halodoc.com adapun beberapa gejala yang terjadi pada penderita autoimun. Terdapat beberapa gejala yang tergolong sebagai indikasi penyakit ini.