Resep Sambel Jenggot: Menu Sahur yang Nikmat Dimakan dengan Nasi Hangat

Sambel Jenggot sumber gambar Cokpad.com

Sambel Jenggot sumber gambar Cokpad.com

Like

Hi, Sahabat Bisnis Muda! Masih semangat menjalankan ibadah puasa? Atau mulai terpecah konsentrasi dengan persiapan mudik dan lebaran. Sehingga sahur tak lagi semangat karena kepikiran pulang kampung halaman?

Mudik memang momen yang ditunggu banyak orang, meskipun bisa pulang di waktu lain tetapi tetap berbeda kesan dengan mudik lebaran.

Meskipun demikian menjelang akhir Ramadhan kita tetap harus semangat dalam segala hal termasuk semangat menjaga kesehatan.

Baca Juga: 7 Menu Lebaran Spesial: Resep-Resep Lezat untuk Santapan Bersama Keluarga

Salah satu cara menjaga kesehatan adalah memperhatikan asupan makanan saat sahur dan buka. Maka dari itu berikut saya bagikan resep simpel menu sahur pembangkit semangat yaitu sambel jenggot, mungkin nama ini berbeda dengan yang ada di daerah lain. Biasanya daerah lain menyebutnya urap.


Urap sayur atau sambel Jenggot ini selain hemat juga kaya manfaat. Sebagaimana kita tahu, mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan sangat disarankan saat menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Karena keduanya memiliki banyak manfaat, seperti membuat perut kenyang lebih lama, mencukupi kebutuhan serat, dan lain sebagainya.



Resep Sambel Jenggot

Bahan-bahan:
  1. Kacang panjang
  2. Kol
  3. Kangkung
  4. Toge
  5. (Sayuran bisa diganti yang lain, sesuai selera)
  1. ½ Kelapa agak muda, parut (di tukang sayur tersedia yang sudah diparut)
  2. 1 Potong terasi bakar
  3. 2 Buah cabai merah
  4. 2 Buah cabai rawit
  5. 1 Butir kencur
  6. 2 Siung bawang putih
  7. Penyedap rasa
  8. Gula dan garam secukupnya