Ini dia 6 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Like

Russia

Dengan produksi 324,7 ton pada tahun 2022, Rusia adalah salah satu negara produsen emas terbesar kedua di dunia, melampaui Australia yang sebelumnya pada tahun 2019.

Sumber daya alamnya yang melimpah dan perannya sebagai pemasok emas utama Eropa diperkuat oleh posisi ini sejak 2010. 

Baca Juga: Mencari Keuntungan Saat Harga Emas Naik: Panduan Investasi Emas untuk Pemula

 

Australia

Industri pertambangan di Australia menghasilkan 313,9 ton emas pada tahun 2022, dan menjadikannya negara terbesar ketiga di dunia dalam produksi emas.

Salah satu deposit emas terkaya di dunia, Golden Mile, terletak di pusat Kalgoorlie Goldfield yang ada di Australia Barat. 


Baca Juga: Ketegangan Iran-Israel Meningkat: Gimana Dampak Harga Emas terhadap Geopolitik Timur Tengah?
 


Kanada

Kanada menghasilkan 194,5 ton emas pada tahun 2022, yang merupakan komoditas tambang sangat berharga di negara tersebut.

Negara ini terkenal karena penambangannya yang ramah lingkungan. Kanada juga sudah memproduksi emas senilai $13,7 miliar pada tahun 2021.

 

Indonesia

Dengan produksi emas yang dimana hampir 125 ton pada tahun 2022, Indonesia memiliki sumber daya mineral yang kaya.

Ada banyak cadangan emas di seluruh negeri. Terutama di Kabupaten Mimika, rumah bagi Distrik Tembagapura dan Tambang Emas Grasberg, adalah salah satu yang paling menonjol. Cadangan emas terbesar di dunia (106,2 juta ons) dan cadangan tembaga terbesar kedua di dunia adalah di tambang ini.

Tambang ini dapat menghasilkan sekitar 240 kilogram emas murni setiap hari.

 

Uzbekistan

Pada tahun 2022, Uzbekistan sudah memproduksi sekitar 110 ton. Tambang emas terbuka terbesar di dunia, Tambang Muruntau, menyumbang sebagian besar produksinya.

Baca Juga: Emas Terus Menguat di Pasar Spot: Investor Antisipasi Kebijakan Federal Reserve dan Faktor-Faktor Pendukung Lainnya

Tambang ini, yang diperkirakan mengandung sekitar lebih dari 4.000 ton emas, terletak di Gurun Qizilqum seluas 3,5 kali 2,5 kilometer. 



------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung