Emas Terus Menguat di Pasar Spot: Investor Antisipasi Kebijakan Federal Reserve dan Faktor-Faktor Pendukung Lainnya

Ilustrasi Emas (Sumber gambar: Pixabay)

Ilustrasi Emas (Sumber gambar: Pixabay)

Like

Perdagangan Rabu (10/4/2024) menjadi saksi bagi kekuatan yang terus menguat dari harga emas di pasar spot, yang bahkan masih bertahan di kisaran level tertinggi sepanjang masa (all-time high/ATH).

Momentum ini tidak lepas dari antisipasi investor terhadap kebijakan yang akan diambil oleh Federal Reserve (The Fed), bank sentral Amerika Serikat, yang menjadi salah satu pemicu utama pergerakan harga emas.

Data pasar pada pukul 11.35 WIB, yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia, menunjukkan bahwa emas naik 0,11 persen mencapai level US$2.355,15 per troy ons.

Pada hari sebelumnya, Kamis (9/4), logam mulia tersebut bahkan mencapai level tertinggi sebesar US$2.365,40 per troy ons.

Baca Juga: Memasuki Tahun 2024, Ini 5 Real World Assets Crypto dengan Kapitalisasi Pasar Teratas


Antisipasi yang tinggi dari investor terhadap keputusan suku bunga yang mungkin diambil dalam rapat The Fed, serta data inflasi yang penting yang akan dirilis pada Rabu, membuat suasana pasar semakin tegang.

Meskipun demikian, tren kenaikan harga emas batangan tetap berlanjut, didukung oleh beberapa faktor fundamental yang kuat, termasuk kebijakan bank sentral serta permintaan yang terus tinggi terutama dari China.

Bulan lalu, People's Bank of China (PBOC) terus meningkatkan cadangan emasnya, sehingga total kepemilikannya mencapai 72,75 juta troy ons.

Langkah ini memberikan dorongan tambahan bagi harga emas di pasar global, mengingat China merupakan salah satu konsumen terbesar emas di dunia.

Selain itu, kenaikan harga emas juga didorong oleh ketegangan geopolitik yang berlangsung di beberapa belahan dunia, terutama di Ukraina dan Timur Tengah.

Ketidakpastian ini mendorong investor untuk mencari perlindungan dalam aset safe-haven seperti emas.

Tidak hanya itu, tekanan inflasi yang terus meningkat di beberapa wilayah juga menjadi salah satu faktor pendorong bagi kenaikan harga emas.

Baca Juga: Investasi Emas Syariah: Keuntungan dan Teknik Berinvestasi Supaya Cuan!