Seputar Tips Mengatur Keuangan di Masa Pandemi

Mengatur keuangan di masa pandemi  (http://1.bp.blogspot.com/-O0z9Xnkm7hU/VEz2msTzU_I/AAAAAAAAAjU/mdpmkwOaO_I/s1600/investasi-bagus130624c.jpg)

Mengatur keuangan di masa pandemi (http://1.bp.blogspot.com/-O0z9Xnkm7hU/VEz2msTzU_I/AAAAAAAAAjU/mdpmkwOaO_I/s1600/investasi-bagus130624c.jpg)

Like

Di masa pandemi seperti ini pastinya keadaan ekonomi sebagian besar orang mengalami krisis atau penurunan karena banyaknya para pekerja yang terdepak dari pekerjaannya. Oleh sebab itu, banyak masyarakat menengah ke bawah yang mengeluh karena keadaan ini.

Melonjaknya harga bahan-bahan pokok juga semakin membuat masyarakat sengsara, oleh karena itu disini saya akan membahas bagaimana sih cara mengatur keuangan di masa pandemi seperti ini, jangan sampai kalian menyesal di akhir bulan karena uang habis begitu saja. Yuk, simak seputar tipsnya:
 

1. Hindari menggunakan kartu kredit
Kalian pasti sering mendengar sebutan kartu kredit atau kalian sering menggunakan kartu kredit untuk membeli barang?

Nah, sebaiknya jangan biasakan menggunakan kartu kredit. Penggunaan kartu kredit hanya akan membuat kalian lebih konsumtif, karena dengan memiliki kartu kredit ini seringkali kita tanpa sadar membeli barang atau jasa yang tidak kita butuhkan.

Bagi kalian yang belum punya kartu kredit, sebaiknya biasakan ketika membeli barang bayar cash saja, apalagi saat ada wabah Covid-19 ini jauh-jauh deh dari kartu kredit. Jangan sampai kalian tidak sadar akan kemampuan diri dalam membayar tagihan  hanya karena ingin membeli keperluan yang tidak penting.



2. Mencari usaha online 
Di zaman yang serba modern ini tentunya banyak peluang usaha online yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang jumlahnya terbilang lumayan. Cara ini sebenarnya tergolong mudah asal anda tekun menjalani nya, kalian bisa membuka toko online menggunakan platform yang tersedia saat ini contohnya seperti platform Wordpress.

Apabila kalian masih ragu untuk memulai bisnis online banyak cara lain dengan hanya mengandalkan skill yang kalian punya, contohnya seperti Menjual jasa desain grafis, membuat aplikasi mobile, atau bagi anda yang suka menulis tapi bingung bagaimana cara menyalurkannya?

Eits, tenang kalian bisa menjadi freelance writer atau penulis online dengan cara mengikuti kompetisi menulis. Jika pilihan tadi belum ada yang cocok, anda juga bisa mengandalkan jumlah followers di Instagram atau aplikasi sosial media lainnya dengan cara membuka endorse, cara ini dapat menghasilkan uang hanya dengan mempromosikan produk yang akan di-endorse.


3. Mencatat pengeluaran
Banyak orang sering mengeluh "Eh, perasaan kemarin uangnya masih banyak deh, ini belum akhir bulan udah abis aja".

Saya yakin, ini sering terjadi di semua kalangan baik yang sudah memiliki gaji ataupun mahasiswa yang sering frustasi di akhir bulan. Sebenarnya dengan cara mencatat pengeluaran, kita akan tahu kemana saja uang yang kita gunakan selama ini.

Cara ini memang tergolong ribet, tapi lama kelamaan apabila sudah terbiasa tanpa mencatat pengeluaran pun, akan mudah untuk mengelola keuangan.


4. Mengelompokkan kebutuhan berdasarkan kepentingan
Apabila anda mendapatkan uang dari hasil pekerjaan sampingan, bisnis online, maupun pemberian uang bulanan dari orang tua, alangkah lebih baik apabila anda melakukan pengelompokan kebutuhan berdasarkan kepentingan, seperti pisahkan uang menjadi 3 bagian yaitu untuk kebutuhan pokok, menyisihkan uang untuk ditabung agar ketika ada keperluan darurat anda sudah memiliki simpanan, dan yang terakhir sisihkan untuk keperluan investasi/usaha.

Demikian seputar tips dari saya sebenarnya masih banyak tips lainnya, tapi segini dulu deh. Bagi kalian yang sedang kesulitan dalam manage uang, tetap semangat jangan sampai pengeluaran lebih besar daripada pemasukan ya. Stay safe at home semoga pandemi ini segera berakhir hingga memperkecil kemungkinan mengalami krisis ekonomi.


 

“Hati-hatilah dengan pengeluaran kecil, karena keretakan kecil dalam kapal besar sekalipun dapat menenggelamkan kapal tersebut.”
– Benjamin Franklin