Cara Mengatasi Post Series Depression Syndrome Agar Produktif Kembali

Melihat Series (sumber gambar : pinterest)

Melihat Series (sumber gambar : pinterest)

Like

Perasaan yang tiba-tiba hampa dan kosong saat selesai menonton series drama, film maupun membaca buku ternyata memiliki istilah dalam dunia psikologi yaitu Post Series Depression (PSD).

Gejala yang ditimbulkan adalah perasaan kosong, merasa sendiri dan kehilangan sesuatu, sedih, putus asa bahkan ada yang menimbulkan depresi.

Hal ini dapat dialami oleh siapa saja tanpa memandang usia. Meskipun demikian, hal ini jarang menimbulkan dampak yang terlalu signifikan pada kehidupan, bahkan bisa hilang sendiri seiring berjalannya waktu.

Karena bisa hilang sendiri sebagian berpendapat bahwa Post Series Depression tidak masuk dalam sindrom medis.


Baca Juga: Mudah Lelah? Ini Tips Mengelola Jam Tidur yang Baik!


 

Penyebab Post Series Depression

Otak memiliki bagian untuk mengembangkan imajinasi seseorang, bagian tersebut yang berperan dalam Post Series Depression, karena membuat seseorang masuk ke dalam tokoh, alur dan latar yang ada di dalam film atau buku yang dibaca.

Bagian otak yang mempengaruhi imajinasi ini yang pada akhirnya mempengaruhi emosi seseorang. Untuk menyelesaikan series film maupun buku pasti memerlukan rentang waktu, dalam waktu tersebutlah terjalin keterikatan antara penonton dan tokoh serta alurnya.

Baca Juga: Stop Begadang! 5 Efek Buruk Ini akan Mengganggu Kesehatanmu

Ketika series tersebut berakhir terjadilah perpisahan emosi antara penonton dan tokoh yang menyebabkan perasaan sedih dan kosong muncul.

Ketertarikan pada tokoh juga menyebabkan seorang penonton berkhayal untuk memilikinya atau membayangkan kehidupan yang ideal seperti pada series yang ada, bahkan bisa dikatakan sebagai wujud dari kehidupan yang diharapkan.