Hermès Kelly, Tas Klasik Bernilai Investasi Tinggi

Tas Hermès Kelly dan Modelnya (Sumber gambar: hermes.com)

Tas Hermès Kelly dan Modelnya (Sumber gambar: hermes.com)

Like

Bagi seorang wanita, memiliki koleksi tas branded merupakah salah satu prestise yang membanggakan.

Tas branded saat ini semakin populer dijadikan barang koleksi berdasarkan unsur klasik dan ikonik karena dinilai memiliki nilai investasi yang tinggi. 

Hermès Kelly adalah salah satunya. Produk tas keluaran brand asal Paris ini termasuk dalam kategori tas wanita paling prestisius di dunia.

Tidak tanggung-tanggung, tas Hermès Kelly bisa mencapai harga £10.000 di dalam toko, bahkan nilainya bertambah hampir dua kali lipatnya saat dijual kembali. 

Hermès Kelly sebelumnya dikenal dengan nama Sac à dépêches, merupakan tas yang didesain dengan bentuk trapesium dan dua triangular gussets, cutout flap, pegangan, dua tali samping dan memiliki ruang lebih besar dibandingkan dengan tas lainnya pada era 1930-an. 


Baca Juga: Energi dan Logam Mulia sebagai Aset Unggulan di Tengah Geopolitik yang Memanas

Tas ini menjadi terkenal ketika Grace Kelly, aktris Amerika Serikat yang kemudian menjadi putri dari Kerajaan Monaco setelah menikah dengan Pangeran Rainier III pada 1956 terus memakai Sac à dépêches ke banyak acara.

Dia bahkan menggunakannya untuk menyembunyikan kehamilan awal pada 1956.
 

Putri Grace Kelly/Istimewa

Putri Grace Kelly/Istimewa


Foto-foto itu menyebar ke seluruh dunia dan membuat tas yang saat itu relatif tidak begitu dikenal menjadi sangat terkenal. Setelah dua dekade kerap menjadi tas andalan Grace Kelly of Monaco, akhirnya Hermès secara resmi mengganti nama Sac à dépêches menjadi 'Kelly' pada 1977.

Putri Grace mungkin telah mengubah nama belakangnya dengan 'of Monaco', tetapi dia terus membawa tas Kelly kesayangannya.

Baca Juga: Mengapa Investasi Valas Bisa Menguntungkan Saat Harga Dollar Naik?

Penggunaannya yang setia didokumentasikan oleh goresan-goresan yang dipajang pada pameran bertema 'Grace Kelly: Style Icon' di Museum Victoria dan Albert pada 2010 lalu. 
 

Hermès Kelly/hermes.com

Hermès Kelly/hermes.com


Kendati telah melampaui milenial, desain klasik Kelly sebagian besar tetap tidak berubah. Perubahan yang paling menonjol adalah penambahan cincin ganda di pegangan atas (agar lebih mudah memasang tali panjang) pada tahun 2000.

Kendati demikian, Hermès memperluas koleksinya ke dalam sejumlah seri. Mulai dari bijou 15cm seperti yang dibawa oleh Leia Sfez dan Lori Harvey hingga seri berukuran 50cm.

Kelly Sellier memiliki struktur yang elegan, sedangkan gaya Retourné lebih luwes dan sedikit lebih sporty.