Uang Tak Pernah Cukup? 7 Rahasia Atur Keuangan Jitu untuk Pemula

Cara mengelola uang dengan baik (Sumber: Pexels)

Cara mengelola uang dengan baik (Sumber: Pexels)

Like

Kamu selalu tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan? Jika ya, kamu tidak sendirian. Banyak orang yang mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan mereka. 

Namun, jangan khawatir! Mengatur keuangan tidak sesulit yang dibayangkan. Dengan strategi yang tepat dan disiplin, kamu bisa mencapai tujuan finansialmu.

Berikut adalah beberapa rahasia mengatur keuangan jitu untuk pemula:

 

1. Catat Semua Pengeluaranmu

Langkah pertama dalam mengatur keuangan adalah mengetahui ke mana perginya uangmu. Catat semua pengeluaranmu, sekecil apapun, selama satu bulan.

Kamu dapat menggunakan buku catatan, spreadsheet, atau aplikasi pencatat keuangan. 

Dengan mencatat pengeluaran, kamu dapat melihat dengan jelas kemana uangmu pergi dan mengidentifikasi area di mana kamu dapat menghemat.

 

2. Buatlah Anggaran Bulanan

Setelah kamu mencatat semua pengeluaranmu, buatlah anggaran bulanan yang realistis. Anggaran ini harus mencakup semua kebutuhan dan keinginanmu, serta menyisihkan uang untuk tabungan dan investasi. 


Baca Juga: Belajar Atur Keuangan Ala Suami Nikita Willy, Indra Priawan

Gunakan metode 50/30/20 sebagai panduan dalam membuat anggaran. Alokasikan 50?ri pendapatanmu untuk kebutuhan pokok, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan dan investasi.

 

3. Prioritaskan Kebutuhanmu

Sangat penting untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah hal-hal yang kamu butuhkan untuk hidup, seperti makanan, tempat tinggal, dan pakaian.

Keinginan adalah hal-hal yang kamu inginkan, tetapi tidak kamu butuhkan, seperti gadget baru atau liburan mewah. Prioritaskan kebutuhanmu dan batasi pengeluaran untuk keinginan.