Banjir Kritikan Fans China, Konser aespa di Jepang Akhirnya Ditunda

(Sumber: X @aespa_official)

(Sumber: X @aespa_official)

Like

Berdasarkan tanggal 11 Mei 2024, girl grup aespa memberi pengumuman terkait penundaan tur konser mereka di Fukuoka, Jepang yang berawal dijadwalkan pada tanggal 7 Juli 2024.

Tur konser yang bertajuk "SYNK: PARALLEL LINE" ini dimulai pada bulan Juni 2024 terdapat banyak reaksi negatif dari kalangan penggemar, terutama MYs di Negeri Tirai Bambu.

MYs China bereaksi keras dan meminta untuk tur konser aespa di Fukuoka, Jepang ditunda karena pada hari tersebut merupakan hari kelam bagi warga Cina.

Pada tanggal 7 Juli merupakan hari berkabung di Negeri Tirai Bambu tersebut, serta menandai peringatan peristiwa Cina-Jepang.

Karena pada dasarnya, salah satu anggota aespa berasal dari Harbin, China, yakni Ning Yizhuo atau akrab dikenal Ningning.


Para MYs China menganggap bahwa mengadakan tur konser pada hari tersebut tidak sopan dikarenakan pada hari tersebut memiliki makna sejarah yang mendalam.

Lebih lagi aespa yang merupakan girl grup naungan SM Entertainment memiliki anggota yang berasal dari Cina.

Maka dari itu, menggelar sebuah konser di hari tersebut telah menimbulkan banyak kontroversi.

Baca Juga: AESPA Umumkan Full Album Comebacknya yang Bertajuk "Armageddon"

Banyaknya kritikan yang terjadi, MYs tidak ingin Ningning menghadapi risiko 'Cancel Culture' di negaranya sendiri.

Khususnya "China NingNing Bar" yang merupakan basis penggemar terbesar untuk anggota aespa Ningning menyatakan bahwa akan mengambil tindakan tegas terhadap SM Entertainment jika agensi tersebut tidak melakukan perubahan tanggal tur konser di Fukuoka, Jepang.

Dengan adanya desakan CHINA NINGNING Bar, SM Entertainment akhirnya memberi pengumuman bahwa penundaan tur konser pada tanggal 7 Juli 2024.