Prospek Jadi Penulis Profesional : Inilah 8 Tips Jadi Penulis Profesional

Like

Prospek Karir Penulis

Di era zaman internet atau digital ini, profesi sebagai penulis dapat dicapai dengan berbagai macam karir. 

Bukan sekedar penulis buku saja, tapi ada sederetan profesi yang bisa diraih. 
 

1. Content Writer

Menulis artikel yang sangat variatif genrenya,  atau artikel yang mendukung produk dari suatu Perusahaan. 

Artikel yang ditulis harus berbobot, rapi dan sangat menarik hati para pembaca.  Tentunya perlu riset, membaca dan merangkai kata-kata dan ketentuan-ketentuan dari perusahaan dimana penulis bekerja.

Selain menulis artikel,  seorang content writer dapat menulis artikel blog, copywriter, penulis lepas, penyunting tulisan, technical writer, penulis di majalah.

 

2. Copywriter

Seorang copywriter memiliki lebih banyak keunggulan dan tanggung jawab memproduksi kata-kata yang mampu mengajak pembacanya mengikuti atau menarik perhatian pembaca untuk mempengaruhinya dalam membeli suatu produk.


Tentu ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki seperti suka riset, memiliki daya kreativitas tinggi, portofolio yang mumpuni.

Prospek copywriter dapat bekerja sebagai freelancer atau permanen tergantung kebutuhan Perusahaan dan proyek yang diberikan.

Baca Juga: Meski Berakhir, Blogger Club Jadi Awal Kemajuan Literasi

 

3. Creative Writer

Agak rancu untuk membedakan antara content writer, copywriter dan creative writer.  Seorang creative writer akan mengekspresikan diri melalui tulisan dengan sangat bebas, berdasarkan fakta yang ada.

Karya yang otentik penuh dengan kreativitas dan inovasi sehingga hasilnya pun sangat mengagumkan.

Umumnya penulis creative adalah mereka yang suka menulis ucapan, komik, screenwriter, songwriter, penulis naskah gim, penulis pidato.

 

4. Travel Writer

Seorang travel writer bukan hanya sekedar menuliskan secara formal pengalaman tentang travellingnya, tetapi ada keistimewaan yang dimiliki.

Sebelum travelling, riset dengan gooling, baca peta, literatur buku pendukung.  Saat travelling, kita menaruh minat besar terhadap apa yang kita lihat, alami, rasakan, dan memperkaya travelling.

Punya tempat rahasia yang tidak biasa orang nikmati, contohnya pembuatan roti unyil, atau “behind the scene” suatu produk.

Kualitas tulisan berbeda dengan penulis travelling yang tak berpengalaman.  Sisi lain dari travel writer, wisata kuliner, wisata religi, review hotel, dan review produk





------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung