Kuliah di Indonesia Mahal, Kuliah di luar Negeri Bisa Jadi Pilihan?

Like

Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan Jika Kuliah di Luar Negeri

Dengan memilih kuliah di luar negeri ada pengalaman berharga, yang mungkin tidak di dapatkan di negeri sendiri.

Akan tetapi ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, sebelum memutuskan. Berikut beberapa aspek penting yang perlu dipertimbangkan Be-emers:

1. Biaya Pendanaan

Periksa sendiri secara rinci dan aktual biaya kuliah dan biaya hidup di negara tujuan. Jangan hanya berdasarkan katanya atau informasi yang belum jelas sumbernya.

 

2. Beasiswa dan Bantuan Keuangan

Cari tahu tentang beasiswa, bantuan keuangan, atau peluang kerja sambilan yang tersedia bagi mahasiswa internasional.

 

3. Proses Aplikasi dan Visa

Pahami persyaratan aplikasi untuk universitas di negara tujuan, termasuk dokumen yang diperlukan seperti transkrip akademik, surat rekomendasi, dan esai.

Pelajari tentang proses aplikasi visa, waktu pemrosesan, dan persyaratan lain seperti bukti dana dan asuransi kesehatan.


Baca Juga: 5 Jurusan dengan Gaji yang Cukup Besar!

 

4. Akreditasi dan Reputasi Universitas

Cari tahu tentang reputasi dan peringkat universitas tujuan. Pilih universitas yang memiliki program studi yang kuat di bidang yang diminati.

Pastikan universitas dan program studi terakreditasi dan diakui oleh otoritas pendidikan di negara asal dan negara tujuan.

 

5. Bahasa dan Budaya

Pertimbangkan kemampuan bahasa Be-emers. Jika kuliah di negara yang menggunakan bahasa asing, pastikan juga kamu memiliki kemampuan bahasa yang memadai atau mengikuti kursus persiapan bahasa.

Selanjutnya btersiaplah untuk adaptasi budaya. Pelajari tentang budaya, kebiasaan, dan norma sosial di negara tujuan untuk meminimalkan kejutan budaya untuk adaptasi budaya.

Pelajari tentang budaya, kebiasaan, dan norma sosial di negara tujuan untuk meminimalkan kejutan budaya.