Kenali Tanda-Tanda ADHD pada Orang Dewasa yang Sering Bikin Gagal Fokus ketika Bekerja

Ilustrasi ADHD (Sumber gambar: Canva)

Ilustrasi ADHD (Sumber gambar: Canva)

Like

ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) adalah kondisi neurobiologis yang dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk memperhatikan, mengontrol perilaku impulsif, dan mengatur energi mereka.

Meskipun sering kali dikaitkan dengan anak-anak, ADHD juga dapat mempengaruhi orang dewasa. 

ADHD pada orang dewasa juga dapat dibagi menjadi tiga tipe utama, antara lain ADHD tipe tak terfokus, ADHD tipe hiperaktif-impulsif, dan ADHD tipe campuran, yang merupakan kombinasi dari kedua tipe tersebut.

Pemahaman ADHD bagi orang dewasa meliputi beberapa poin penting yakni gejala ADHD pada orang dewasa sering kali mengalami kesulitan dalam mempertahankan perhatian, mengelola waktu, menyelesaikan tugas-tugas, mengatur emosi, dan menjaga fokus dalam kegiatan sehari-hari.

Baca Juga: Persiapan Psikis, Mental, dan Fisik dalam Mengarungi Bahtera Pernikahan Agar Tercapai Kebahagiaan

Kesulitan fokus pada pekerjaan merupakan salah satu gejala ADHD/Canva

Kesulitan fokus pada pekerjaan merupakan salah satu gejala ADHD/Canva


ADHD bisa mempengaruhi seseorang di berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam lingkungan kerja kantoran, karena mereka mungkin mengalami kesulitan dalam menjaga hubungan interpersonal, mempertahankan pekerjaan, mengelola keuangan, dan menjaga kesehatan fisik dan mental mereka.


 

Lalu, Apa saja Tanda-Tandanya?


1. Gagal fokus terus

Orang dengan ADHD mungkin kesulitan untuk fokus pada tugas-tugas yang monoton atau membosankan.

Mereka mungkin sering kehilangan fokus, terutama saat tugas membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Sehingga tidak jarang mereka selalu kesulitan menyelesaikan pekerjaannya dengan tepat waktu. 

 

2. Hiperaktif atau impulsif 

Meskipun hiperaktivitas cenderung tidak terlihat dalam konteks lingkungan kantor namun sikap ini terkadang muncul bersama sikap impulsivitas yang bisa menjadi masalah.

Baca Juga: 5 Cara untuk Jauh dari Penyakit Kronis untuk Gen Z, Tertarik Coba?

Tanda ADHD bisa dilihat dari perilaku impulsif ketika mengambil keputusan tanpa pemikiran yang matang atau mengalami kesulitan dalam mengendalikan emosi saat berinteraksi dengan rekan kerja.

 

3. Susah membagi tugas 

Seseorang dengan ADHD mungkin memiliki kesulitan dalam merencanakan, mengatur, dan menyelesaikan tugas-tugasnya secara efisien.

Mereka mungkin lupa tentang tenggat waktu atau mengabaikan prioritas yang lebih penting karena fokus mereka terbagi dengan hal lain yang sebenarnya tidak termasuk ke tugas utama mereka.

 

4. Kesulitan mengatur waktu

Mengatur waktu dengan baik sering kali merupakan tantangan bagi individu dengan ADHD. Mereka mungkin sering terlambat atau menghabiskan terlalu banyak waktu untuk satu tugas sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk tugas lainnya.

Sehingga membuat alur pekerjaan tidak sesuai dengan target penyelesaian. Hal ini tentunya akan berdampak pada kinerja karyawan itu sendiri. 
 

Penderita ADHD cenderung sulit membagi waktu/Canva

Penderita ADHD cenderung sulit membagi waktu/Canva