5 Tips Memulai Bisnis Online yang Memikat Pelanggan

Tips Bisnis Online Dapatkan Pelanggan (Sumber gambar: Bungko.desa.id)

Tips Bisnis Online Dapatkan Pelanggan (Sumber gambar: Bungko.desa.id)

Like

Bisnis online adalah salah satu jenis bisnis yang banyak digemari oleh anak muda sekarang ini. Hal ini wajar mengingat bisnis online menawarkan pelakunya untuk bisa mendapatkan kesempatan untung besar dari modal yang kecil.

Bisnis online yang terintegrasi dengan berbagai media online seperti media sosial dan website, memudahkan pelakunya untuk mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas.

Tidak heran jika banyak pebisnis pebisnis muda yang sukses besar melalui cara ini. Sayangnya, untuk bisa mencapai tahap itu sendiri, bukanlah perkara yang mudah.

Diperlukan proses yang panjang, terutama di bagian riset pasar dan produk bisnis yang tepat. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi pebisnis di dunia maya.

Di mana pebisnis di dunia maya harus dapat memaksimalkan poin kepercayaan yang dibangun karena sistemnya yang tidak tatap muka.


Kurangnya poin kepercayaan ini, tentunya akan berimbas pada persentase lead dan konversi yang didapatkan. Customer base yang awalnya diharapkan, tidak akan pernah terwujud sama sekali.

Ini jelas masalah besar. Tapi tenang saja, karena di dalam artikel ini mimin akan berbagi tips agar bisnis online bisa dengan mudah mendapatkan kepercayaan pelanggan. 

 

5 Tips Memulai Bisnis Online yang Memikat Pelanggan


1. Bisnis Online itu Juga Berbicara Tentang Personal Branding

Ketika menjalankan bisnis online, maka kamu harus tahu bahwa bisnis ini bukan hanya soal mendapatkan lead dan konversi yang cepat.

Baca Juga: Membangun Bisnis Berbasis Kecintaan Membaca Buku

Melainkan juga berbicara tentang cara kamu membangun relationship marketing yang baik. Ini penting dilakukan untuk bisa berikan kesan atau first impression yang memukau.

Kamu bisa mulai memperkenalkan diri lebih dekat kepada calon pelanggan. Kamu bisa mulai dari berbagi kisah tentang siapa dirimu.

Apa visi misi atau harapan yang kamu miliki terhadap produk atau jasa yang dijual. Pencapaian yang diraih dan lain lain.

Keterangan-keterangan seperti ini, tidak lain dan tidak bukan digunakan untuk meningkatkan kepercayaan bisnis yang ada.



2. Bangun Pipeline yang Mudah Dipahami

Berikutnya adalah dengan membangun pipeline yang mudah dipahami. Apa itu pipeline?. Pipeline adalah salah satu istilah yang sering digunakan dalam dunia bisnis.

Istilah ini digunakan untuk menggambarkan sistem penjualan, dari sebelum penjualan dilakukan, hingga penjualan tersebut berakhir.

Baca Juga: Cobain Strategi Breadcrumbing Strategi Meraup Cuan Lebih Banyak untuk Bisnis Restoran!

Pipeline sendiri terdiri dari 6 tahapan utama. 6 tahapan tersebut adalah prospecting, qualifying, contacting, building relationship, proposal made, dan closing.

Dapat dikatakan bahwa pipeline mirip-mirip dengan marketing funnel. Hanya saja memang keterangan di dalamnya yang lebih detail.