5 Tips Memulai Bisnis Online yang Memikat Pelanggan

Like

3. Melakukan Analisis Kompetitor

Berikutnya adalah dengan melakukan analisis kompetitor. Ya, kamu harus dapat mengetahui niche bisnis yang dijalankan apakah berenang di red ocean ataupun blue ocean.

Mengetahui jumlah kompetitor yang ada, tentunya akan memberikanmu pertimbangan yang matang dalam memilih strategi pemasaran yang tepat.

Melakukan analisis kompetitor juga akan memberikanmu pandangan baru terkait unique selling point terbaik. Yang bisa menjadi pembeda produk atau jasa kamu dari kompetitor.

Ingat, unique selling point bisa datang dari poin mana saja. Tidak hanya terpaku kepada poin harga saja.

 

4. Memahami Pelanggan Terbaik

Berikutnya adalah dengan memahami pelanggan terbaik, yang mungkin tertarik dengan niche bisnis kamu. Kita bisa memahami ini dengan istilah keren buyer persona.


Gambaran ideal dari pelanggan bisnismu. Untuk bisa mendapatkan buyer persona ini, diperlukan proses data enrichment tanpa henti.

Baca Juga: Santo Suruh: Bisnis Jasa Unik yang Mau Disuruh Apapun Demi Cuan

Kamu bisa mencoba berbagai strategi dalam proses A/B testing terlebih dahulu sebelum menuliskan buyer persona yang tepat. Jangan lupa untuk menyematkan keterangan penting terkait demografi pelanggan.

 

5. Memilih 1 Jenis Channel Marketing Potensial

Terakhir, adalah dengan memilih 1 jenis channel marketing yang potensial. Kenapa harus satu?. Kebanyakan pebisnis online mungkin akan langsung memilih untuk menjalankan banyak channel marketing.

Ada yang menjalankan social media marketing, pay per click marketing, SEO marketing, telemarketing dan lain-lain.

Tidak salah, hanya saja menjalankan seluruh channel marketing memerlukan biaya dan tenaga yang tidak sedikit.

Akan lebih bijak untuk kamu memilih 1 jenis channel marketing, yang itu memang potensial untuk bisnis.
Inilah penjelasan lengkap tentang 5 tips bisnis online agar mudah dapatkan pelanggan. Semoga bermanfaat ya!.






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung