Student Loan, 10 Strategi Jitu Menghadapinya!

Like

1. Tidak Usah Kuliah, Langsung Cari Pekerjaan

Tidak semua pekerjaan membutuhkan ijazah sarjana. Bahkan ¾ dari pekerjaan tidak membutuhkan ijazah sarjana.

Tetapi, tanpa ijazah sarjana bukan berarti semuanya lebih mudah. Butuh perjuangan lebih keras untuk berkompetisi mendapatkan kesempatan kerja.

Jadi tetap persiapkan sebaik mungkin. Aktif bergabung di platform bursa kerja dan membangun jaringan adalah hal terbaik 

 

2. Cari Pendidikan Vokasi.

Alih-alih kuliah, coba ambil les atau cari pendidikan vokasi sesuai keinginan kita. Selain menghemat biaya, dengan memilih pendidikan vokasi, kita juga bisa menghemat waktu sekolah kita. 


3. Lakukan Magang

Cari tempat magang, meskipun tanpa digaji. Cobalah selama kurang lebih enam bulan, atau sesuai standar yang ditetapkan instansi tersebut.

Baca Juga: 5 Benefit Student Loan Bagi Mahasiswa!


Bekerjalah sebaik mungkin, agar kita “dilirik” dan diminta bekerja di instansi tersebut. Kelebihan dari magang ini adalah kita benar-benar masuk di dunia kerja, tidak hanya sekedar mempelajari teori seperti di kampus.

 

4. Tunda Dulu Kuliah

Kerja dulu baru kuliah. Atau kerja sambil kuliah

 

5. Beasiswa

Sama dengan mencari pekerjaan, mencari beasiswa ini juga harus dilakukan secara ekstra kerja keras.

Cari beasiswa secara spesifik sesuai keinginan, minat, dan bakat kita agar tidak mudah menyerah ketika ditolak; dan lakukan pencarian secara terus-menerus kurang lebih dua-tiga bulan. 
 


6. Berguru di Padepokan Alias Mondok

Baik ilmu agama, atau ilmu karakter ke tokoh agama atau orang dekat yang dianggap bijak, sambil bekerja. Ini cara yang mungkin dianggap kuno, tapi percayalah.

Berharga. Dapat ilmu agama, jaringan, kadang jodoh yang baik, bahkan peluang usaha

 

7. Kuliah Sambil Berdagang

Bukan bekerja sebagai pegawai, tetapi sebagai pedagang, atau bahkan pebisnis. Ini, sekaligus juga membuka peluang nanti setelah lulus kuliah
 


8. Mencari Beasiswa dari Tempat Kerja

Ini tentu saja, kita harus bekerja dahulu, lalu kembali lagi, harus bekerja dengan baik, agar jika ada kesempatan untuk mendapatkan beasiswa, kita dipilih.


 

9. Berwirausaha Dulu Baru Kuliah

Meskipun pada kenyataannya, setelah sukses menjadi pengusaha, keinginan untuk kuliah justru memudar atau bahkan hilang sama sekali.

Baca Juga: Student Loan, Apakah Cocok Diterapkan di Indonesia dan Sesuai dengan Karakter Masyarakat?

 

10. Menjual Aset yang Tidak Begitu Berfungsi

Ini mungkin kendaraan, gadget, tas, baju, sepatu, dan lain-lain. Tapi tentu ini tidak akan memenuhi biaya kuliah, kecuali diputar untuk modal usaha




----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung