10 Ide Kerja Sampingan Cuan Tanpa Menggangu Pekerjaan Utama

Like

6. Fotografer Lepas (Freelance Photografer) 

Menyediakan jasa fotografi untuk acara-acara kecil, seperti ulang tahun atau pesta keluarga, atau menjual foto di situs stok foto seperti Shutterstock atau Getty Images. 

Selain itu, di jaman serba online, penjualan sangat membutuhkan gambar-gambar yang menjual. Buka jasa foto produk bisa juga sebagai pilihan pekerjaan sampingan yang menghasilkan.

 

7. Penerjemah (Translator) 

Bagi yang memiliki kemampuan bahasa, bisa memilih bidang ini sebagai kerja sampingan. Seperti menerjemahkan dokumen, artikel, atau buku.

Pekerjaan ini sangat fleksibel dan bisa dilakukan di rumah pada waktu luang.

 

8. Sosial Media Influencer atau Content Creator 

Membuat konten untuk YouTube, Instagram, atau TikTok kini sangat menjanjikan. Jika berhasil menarik banyak pengikut, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari iklan, sponsor, dan endorsement.


Baca Juga: Memahami Karakter Gen Z dan Solusi Menghadapi Tantangan Dunia Kerja

Telah banyak orang-orang yang berhasil di bidang ini, tidak menutup kemungkinan kamu menjadi orang berikutnya yang sukses.

 

9. Membuat Kursus Online 

Kini banyak orang semakin sadar literasi pembelajaran. Namun mendapatkan pelatihan dari sekolah sudah tidak mungkin. Maka membuat dan menjual kursus online di platform bisa menjadi pilihan selanjutnya.

Kamu bisa mengajar apa saja, mulai dari keterampilan profesional hingga hobi. Dan tentunya pekerjaan ini bisa dilakukan dari rumah ketika waktu luang.

 

10. Affiliate Marketing 

Mempromosikan produk orang lain dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang dilakukan melalui link afiliasi kamu. Ini bisa dilakukan dengan blog, media sosial, atau email marketing.

Masing-masing pekerjaan sampingan di atas memiliki fleksibilitas yang tinggi dan bisa disesuaikan dengan jadwal pekerjaan utama.

Namun, perlu digarisbawahi untuk memilih pekerjaan sampingan yang sesuai dengan keterampilan dan minat. Agar pekerjaan tetap bisa dilakukan dengan nyaman tanpa mengganggu kenyamanan dan pekerjaan utama kamu.




----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung