Curhat Cuan dan Boncos : Gairah Anak Muda Membara Bagai Api

Uang bukan raja namun uang dianggap sebagai cuan yang mana menjadi salah satu target hidup. Sumber : Pinterest

Uang bukan raja namun uang dianggap sebagai cuan yang mana menjadi salah satu target hidup. Sumber : Pinterest

Like

Masa muda ialah masa dimana manusia itu memiliki gairah hidup yang tinggi. Keinginan untuk sukses menjadi target hidup yang utama. Lalu apa kategori sukses itu sendiri? Banyak persepsi dalam pemaknaan arti kata sukses.

Ada yang melihat  kesuksesan itu dari sisi cuan, “dirinya akan sukses bila mampu mendapat cuan banyak yang didapat dari bisnisnya ataupun pekerjaan yang lainnya.” Ada juga yang melihat kesuksesan dari segi manfaatnya bagi orang lain.

Kaum muda berjuang keras agar mampu mewujudkan target hidup utamanya. Adapun beberapa cara yang dilakukan dalam mewujudkan target itu. Salah satunya ialah dengan berbisnis sehingga mampu menghasilkan cuan.

Sayangnya usaha dalam membangun bisnis itu tidak semudah membalikan telapak tangan. Perlu adanya usaha yang besar, jiwa yang gigih dan tak pantang menyerah.

Berbisnis juga memerlukan ide kreatif dan inovatif mengenai produk yang akan dijualkan. Selain itu juga harus bisa adaptif dengan segala kondisi yang ada. Seperti saat ini, tiba-tiba saja awal 2020 mulai tersebar pandemi covid-19 yang meresahkan.


Bagaimana tak meresahkan, pandemi yang berasal dari virus ini menyebar dan menular begitu cepat. Berbagai bidang pun terdampak akibat pandemi termasuk roda perekonomian di Indonesia.

Perusahaan terpaksa untuk memberhentikan karyawannya karena pendapatan yang masuk turun drastis sehingga perlu pengurangan karyawan demi keberlangsungan perusahaan itu sendiri.Perlu dilakukan pemulihan serta strategi yang tepat dalam menghadapi situasi ini. 

Bagi kaum muda pandemi menjadi tantangan besar dalam merintis bisnisnya. Mau tidak mau  dengan situasi ini harus belajar tentang banyak hal terutama tentang digital marketing. Secara tidak langsung gaya berbisnis telah dituntut untuk berubah dengan situasi yang terjadi.

Bisnis mulai bergerak secara online sebagai salah satu upaya meminimalisirkan adanya interaksi dengan sesama. Sesungguhnya apabila mampu mengembangkan bisnis online ini dengan baik, peluang yang didapat jauh lebih besar sebab jangkauan pasar yang lebih luas. Disini pebisnis online harus mampu membangun kepercayaan bagi customernya. 

Sebagai salah satu contoh, teman sudah ada yang mulai merintis bisnis kecil-kecilan yang dijualkan via media sosial instagram. Awal berbisnis memang begitu sulit, banyak hal yang harus dipikirkan seperti produk yang ditawarkan harus berkualitas dan menarik, pemasaran serta promosi yang baik dan pastinya kepercayaan yang ia bangun.

Semuanya itu tidak berjalan mulus, jatuh bangun berbisnis telah ia lewati mulai dari tidak ada pembeli sama sekali sampai hampir terkena penipuan namun karena semangat berjuang, ulet dan gigih bisnisnya masih berjalan sampat saat ini. Target dalam bisnisnya tidak hanya mampu bertahan dalam berbagai kondisi namun juga bisa berkembang lebih lagi.

Memang untuk memulai sesuatu itu sulit. Hal tersebut akan jauh lebih mudah bila diimbangi dengan keinginan serta tekad yang kuat. Dalam perjalanannya tentu akan ada kejadian yang membuat mudur, insecure, give up tapi tetap percayalah bahwa usaha tidak pernah mengkhianati hasil.

Jadikan kegagalan bukan sebagai kesialan atau apes tapi sebagai motivasi untuk bangkit dan semakin berkarya lagi. Selalu berpikir positif dalam berbagai situasi juga sangat baik dalam menjalankan bisnis.