Meta Pakai Postingan di Instagram Untuk Latih AI, Kreator Digital Harus Waspada!

Like

Cara yang Dapat Dilakukan Agar Gambar Tidak Dipergunakan Meta

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar gambar yang kalian unggah di Instagram tidak dapat digunakan Meta AI. Kalian dapat menggunakan fitur “appeal” untuk membatasi penggunaan karya kalian di media sosial. 

Akan tetapi, fitur ini belum tentu tersedia untuk setiap negara. Yang lebih parahnya adalah Meta bisa saja menolak pengajuan appeal ini secara sepihak. Jadi tidak ada solusi pasti akan permasalahan ini.

Selain itu, ada juga metode glaze. Metode ini menggunakan teknologi yang mengecoh Image Generation AI sehingga tidak dapat menjiplak gambar kita.

Baca Juga: Santo Suruh: Bisnis Jasa Unik yang Mau Disuruh Apapun Demi Cuan

 

Apakah Saatnya Seniman Meninggalkan Media Sosial?

Tak dapat dipungkiri, langkah yang perusahaan-perusahaan teknologi ambil dengan pemanfaatan AI bisa saja menggeser para pekerja visual.


Gaya berkarya yang mereka lakukan bisa saja ditiru dengan baik oleh AI dan dikomersialisasi secara tidak bertanggung jawab.

Dalam rangkaian videonya, Dion juga menawarkan para ilustrator digital untuk secara bijak mengambil langkah.

Menurutnya media sosial bukanlah tuhannya para kreator digital, melainkan hanya alat yang bisa dipergunakan dengan menyesuaikan fungsinya.

Baca Juga: Viral! Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) di X, Pelaku Stalking Hingga 10 Tahun






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung