Teknik Menabung dengan Cara Soft Saving, Cocok untuk Gen Z!

Menabung mulai dari nominal terkecil (Sumber:https://www.pexels.com/id-id/foto/lot-koin-berwarna-tembaga-259165/)

Menabung mulai dari nominal terkecil (Sumber:https://www.pexels.com/id-id/foto/lot-koin-berwarna-tembaga-259165/)

Like

Mengelola keuangan merupakan salah salah tugas yang paling sulit dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi, saat keinginan untuk membeli sesuatu hal itu datang, walupun itu bukanlah kebutuhan yang mendesak.   

Hingga sebagian orang merasa bahwa uang yang dimilikinya hanya sebatas singgah sementara.  Hal itu membuatnya tidak memiliki kesempatan dalam menabung. 

Namun tak perlu khawatir, terdapat salah satu cara yang dapat membantu untuk mengatur keuangan yang lebih baik yaitu dengan Soft Saving

Agar lebih memahami apa itu soft saving. Pada artikel ini akan membahas tentang soft saving dan tips dalam memulainya, simak selengkapnya pada artikel dibawah ini. 



Pengertian Soft Saving 

Soft saving adalah salah satu konsep dari menabung dengan cara fleksibel dan santai. Dengan konsep tersebut, akan membuat seseorang tidak merasa bahwa menabung harus menyisihkan sebagian uang yang sama pada setiap bulannya. 


Baca Juga: Boros! 5 Zodiak Ini Susah untuk Menabung

Namun perlu diingat, walaupun uang yang masuk ketabungan berbeda-beda pada tiap bulannya. Menabung harus tetep dilakukan walaupun dengan nominal terkecil sekalipun. Sehingga keuangan yang dimiliki akan tetap seimbang dan stabil. 


Manfaat Soft Saving

Soft saving akan diajarkan bagaimana keseimbangan yang harus dilakukan antara menabung dan pengeluaran yang nantinya bermanfaat bagi kestabilan keuangan. 

Berikut adalah manfaat yang dirasakan ketika menabung mengunakan metode soft saving: 


1. Menjadikan Kebiasaan Menabung  

Manfaat yang pertama ketika menabung dengan cara ini adalah dapat menjadikan kebiasaan dalam menabung serta dapat menjadikan disiplin finansial yang kuat. Selain itu dapat menjadikan kesadaran dalam mengatur keuangan.


2. Menjaga Kebutuhan Finansial 

Manfaat lain yang akan dirasakan adalah dapat  membantu menjaga kebutuhan finansial serta gaya hidup. Terlebih lagi, ketika tidak ada tuntutan dalam menabung harus dengan jumlah yang sama tiap bulannya.

Hal tersebutlah yang dapat menjaga keseimbangan gaya hidup tanpa menambah stress finansial. 
 

3. Menghemat Pengeluaran

Dengan tidak adanya ikatan terkait besaran uang yang dilakukan pada tiap bulannya. Maka akan memberikan kebebasan seseorang dalam mengelola keuangan sesuai dengan situasi keuangan saat itu. 
 

4. Mengurangi Stres Keuangan

Manfaat selanjutnya yang tak kalah penting adalah dapat membantu mengurangi masalah stres financial.

Dengan mengunakan metode soft saving maka akan memberikan rasa tenang karna telah memiliki dana cadangan yang cukup, Karna keuangan telah diatur dengan bijaksana. 

Dengan berbagai manfaat diatas, maka tidak heran jika soft saving banyak digunakan dalam mengelola keuangan di kalangan Gen Z.