Frugal Living: Kenali Istilah, Manfaat, dan Cara Memulainya!

Frugal Living (Sumber: Canva)

Frugal Living (Sumber: Canva)

Like

Be-emers pasti pernah denger dong istilah frugal living?

Istilah yang sering digunakan banyak orang dalam menghemat gaya hidup. Bisa dibilang orang yang punya pola frugal living udah bijak dan pintar dalam mengelola keuangan.. 

Saat ini masih banyak orang yang salah arti dengan istilah frugal living. Sebagian orang beranggapan bahwa konsep ini berkaitan dengan pola hidup yang pelit!

Supaya enggak salah makna yuk kita bahas istilah, manfaat, hingga tips yang benar dalam melakukan frugal living.

Baca Juga: Menerapkan Gaya Hidup Frugal Living Anti Pelit!




Makna Dibalik Frugal Living

Orang-orang yang hidup di era ini mungkin udah melek dengan yang namanya frugal living.  Yap, frugal living adalah konsep dimana seseorang bukan cuma untuk berhemat, tetapi orang tersebut secara sadar dan cermat dapat mengalokasikan keuangannya demi mencapai tujuan finansial yang lebih baik. 

Mereka memiliki prinsip bahwa hidup dilakukan sesederhana mungkin, tanpa harus memikirkan gengsi. Dengan demikian mereka akan lebih banyak mengalokasikan dananya untuk menabung atau diinvestasikan. 
 



Manfaat Frugal Living

Jika konsep ini dilakukan dengan benar banyak manfaat yang akan kamu dapatkan. Adapun beberapa manfaat frugal living untuk hidup:


1. Memperbaiki Kondisi Finansial

Orang-orang yang melakukan frugal living akan lebih aware terhadap uangnya. Mereka akan menghemat setiap pengeluaran yang enggak diperlukan. Dengan demikian mereka akan lebih banyak menyisakan uang untuk disimpan. 

Baca Juga: 11 Langkah Menerapkan Gaya Hidup Frugal Living

Hal ini dapat membantu kamu mencapai tujuan finansial, seperti keinginan membeli rumah impian, memilik dana pensiun, hingga keuangan untuk travelling.
 

2. Meningkatkan Kualitas Hidup

Dengan melakukan frugal living, kamu akan lebih menghargai setiap barang yang dimiliki. Kamu akan menjaga barang dengan baik, karena dengan membeli barang baru akan menambah pengeluaranmu. 

Selain itu dengan frugal living, akan membantu dirimu terlepas dari stres yang berkaitan dengan keuangan. 
 

3. Mengubah Pola Hidup Lebih Baik

Menerapkan konsep ini membuat kamu jadi lebih disiplin, karena kamu akan lebih bijak dalam menggunakan uang yang kamu punya!

Enggak cuma itu, kamu akan punya cara berpikir yang lebih kreatif karena ide-ide untuk menghemat akan muncul dengan cara apapun. Agar menjaga finansialmu tetap stabil