Bukan Cuma Otomotif, Ini Bisnis Modifikasi Kuliner Tradisional yang Bisa Kamu Tiru

Like

Pasta ala Masakan Padang & Jawa

Berasal dari Italia, pasta biasanya dimasak dengan saus bolognese, aglio olio, dan carbonara. Selain itu, bukan cuma spaghetti, jenis pasta juga beraneka ragam dan bisa dikreasikan sesuai selera.

Makanya, enggak heran, pasta juga telah dimodifikasi dengan cita rasa lokal nih, Be-emers. Rasa pasta kemudian dikreasikan agar lebih sesuai dengan selera orang Indonesia kebanyakan.

PastaPadang dan Pasta Buntel pun sudah melakukannya lho. Dibanding menggunakan saus khas Italia, keduanya justru menggantinya dengan bumbu masakan khas Padang dan Jawa.

 

Pasta Padang - Image: Instagram @pastapadang

Pasta Padang - Image: Instagram @pastapadang


Sebagai pioneer pasta dengan bumbu khas masakan Padang, PastaPadang punya sejumlah menu unik kayak pasta penne rendang, spaghetti sate padang, pasta dendeng balado, hingga fusilli gulai singkong!

Sedangkan PastaBuntel, yang notabene usaha kuliner milik putra Presiden Joko Widodo yakni Gibran Rakabuming, justru lebih cenderung menggunakan bumbu dapur khas Jawa untuk racikan pastanya.

 

Serabi Kekinian

Sejenis panekuk (pancake), makanan yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan ini punya beberapa versi. Yang paling terkenal yakni Surabi dari Jawa Barat dan Srabi dari Solo, Jawa Tengah.

Bahkan, kue ini sejenis dengan kue Ape di Jakarta dan kue khanom khrok di Thailand. Dimasak di atas tungku, serabi, khususnya yang berasal dari Jawa Barat, biasa disajikan dengan lumuran kinca (gula merah) maupun oncom.

Menyesuaikan zaman, serabi juga telah dimodifikasi dengan varian rasa baru. Gurihnya serabi kini dikreasikan dengan berbagai topping kekinian seperti keju, mayonaise, sosis, selai blueberry, Oreo, dan sebagainya.

Di daerah Bandung, Jawa Barat, kamu bisa menemukan banyak kedai serabi atau surabi kekinian nih. Surabi Imut Setiabudhi digadang-gadang jadi pelopor modifikasi surabi di Kota Bandung lho!