Bukan Cuma Otomotif, Ini Bisnis Modifikasi Kuliner Tradisional yang Bisa Kamu Tiru

Food Illustration - Canva

Food Illustration - Canva

Like

Kata modifikasi, identik dengan otomotif. Namun, modifikasi juga bisa diterapkan dalam bidang kuliner nih.

Menurut buku Pengembangan Kuliner yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan, modifikasi dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk melakukan pengembangan kuliner. Dalam ilmu gizi, modifikasi kuliner atau resep bisa membantu modifikasi menu diet dan meningkatkan aspek gizi.

Misalnya, menu sayur biasanya enggak disukai oleh anak-anak, tapi kamu bisa modifikasi sayuran tersebut jadi nugget sayur atau omelete sayur. Begitu juga dengan menu diet, kamu bisa memodifikasi menu diet yang enak tapi tetap sehat, seperti sate dari jamur dan sebagainya.

Baca juga: Ini Peluang Usaha untuk Para Vegan dan Vegetarian

Pengembangan kuliner dengan modifikasi ini juga bertujuan buat meningkatkan cita rasa. Selain itu, hal ini juga bisa melatih keterampilan dan kreativitas kamu dalam mengelola kuliner.


Lalu, bagaimana dengan modifikasi kuliner tradisional di Indonesia?

Sejumlah pelaku usaha kuliner diketahui telah melakukan modifikasi terhadap kuliner tradisional Indonesia lho!
 

Modifikasi Klepon Menjadi Es Kopi Hingga Bolu

Di luar kontroversi adanya klepon “haram”, sebagai kuliner tradisional berbahan dasar kelapa, pandan, dan gula merah, klepon sangat digemari oleh lintas usia. Rasanya yang manis dan didominasi cita rasa pandan, membuat klepon kerap dimodifikasi menjadi kuliner yang lebih modern.

Klepon dimodifikasi menjadi roti, bolu, gelato, donat, hingga kopi. Selah Kopi & Kitchen adalah salah satu kedai yang sudah mencoba untuk mengkreasikan klepon menjadi sebuah menu kopi.

Baca juga: Bukan Sekedar Jajanan Pasar, Ini Bisnis Kekinian Berbahan Dasar Klepon

Eksistensi klepon yang tadinya cuma bisa kita temui di pasar tradisional atau pedagang keliling, kini sudah bisa ditemui di kedai kopi kekinian. Inovasi dari hasil modifikasi kuliner ini ini juga bisa mengundang rasa penasaran konsumen nih, Be-emers.