Cuan dari Saham yang Royal Kasih Dividen

Profit Illustration - Canva

Profit Illustration - Canva

Like

Pembagian dividen dari emiten tentunya jadi salah satu momen yang paling ditunggu oleh setiap investor di pasar modal. Dikutip dari laman Bursa Efek Indonesia (BEI), dividen merupakan pembagian keuntungan atau laba emiten.

Jadi, lewat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), para pemegang saham atau investor bersama pihak emiten memutuskan persentase laba bersih yang akan dibagikan menjadi dividen maupun diinvestasikan kembali ke perusahaan (laba ditahan).

Dividen ini bisa dalam bentuk dividen tunai dan dividen saham. Dividen tunai yakni berupa uang tunai dalam jumlah tertentu untuk setiap saham. Sedangkan dividen saham adalah dividen yang diberikan sejumlah saham, sehingga saham para investor pun jadi bertambah deh.

Pembagian dividen dinilai akan mencerminkan kinerja perusahaan. Makanya, berburu cuan dari saham yang royal kasih dividen bisa jadi pilihan strategi investasi kamu nih.
 

Income Stocks

Ibarat dalam geng pertemanan, pasti ada dong teman kamu yang royal banget? Nah, hal itu juga terjadi dalam pasar modal nih.

Selain saham blue chip, ada pula kategori Income stocks dalam bursa. Kategori ini merupakan saham yang membagikan dividen dengan nilai yang relatif besar.


Saham yang masuk kategori income stocks ini memang enggak secara teratur atau konsisten membagikan dividen secara royal. Namun, saham ini dinilai bisa dimanfaatkan oleh investor buat menghasilkan cuan tanpa perlu menjual sahamnya lho.
 

Indeks IDX High Dividen 20

Sesuai namanya, indeks saham ini terdiri dari 20 saham yang selama tiga tahun terakhir membagikan dividen tunai secara royal. Kenapa royal? Soalnya, saham yang ada di geng ini punya dividend yield yang tinggi.

Dividend yield merupakan jumlah dividen per lembar saham yang dibagi harga saham saat itu. Jadi, bisa dibilang, persentase dividend yield ini bisa berubah-ubah sering harga saham yang berlaku selama jam operasional bursa ya, Be-emers,

Menariknya, dikutip dari Bisnis.com, pendapatan dari penghuni indeks ini tetap asyik buat diburu investor di tengah lambatnya laju perekonomian akibat pandemi Covid-19. Bahkan, 10 emiten indeks IDX High Dividen 20 tercatat punya dividend yield di atas 5 persen. Gokil!

Adapun, emiten royal yang tergabung dalam indeks IDX High Dividen 20 antara lain Telkom Indonesia (TLKM), Astra International (ASII), Adaro Energy (ADRO), Gudang Garam (GGRM), dan masih banyak lagi. Tiga big caps banks yakni Bank BCA (BBCA), Bank Mandiri (BMRI), dan Bank Negara Indonesia (BBNI), juga masuk dalam geng ini lho, Be-emers.