Ciri-Ciri Alergi Sabun Pada Bayi yang Mesti Diwaspadai

Mandi air (Sumber: www.unsplash.com)

Mandi air (Sumber: www.unsplash.com)

Like

Siapa yang tidak senang saat melihat bayi dengan kulit yang lembut dan sehat? Namun, terkadang kita harus waspada terhadap potensi alergi yang bisa dialami oleh bayi, termasuk alergi terhadap sabun mandi.

Mengenal tanda-tanda bayi alergi sabun mandi yang perlu diwaspadai adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh para orangtua agar dapat memberikan perlindungan terbaik bagi si kecil.
 
Alergi terhadap sabun mandi pada bayi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk bahan kimia yang terkandung dalam sabun mandi tersebut.

Beberapa bahan kimia yang umum menjadi penyebab alergi pada bayi antara lain adalah pewangi buatan, paraben, serta sulfate.

Baca Juga: Pelarangan Memeluk Agama di Korea Utara, Mempertanyakan Hak Asasi Beragama?

Reaksi alergi pada bayi bisa bervariasi mulai dari gatal-gatal ringan hingga ruam kulit yang parah, sehingga penting bagi orangtua untuk mengenali tanda-tanda alergi tersebut.
 
Salah satu tanda-tanda alergi sabun mandi pada bayi yang perlu diwaspadai adalah munculnya ruam merah pada kulit bayi setelah mandi.


Ruam ini biasanya disertai dengan rasa gatal yang membuat bayi tidak nyaman. Selain itu, kulit bayi juga bisa terasa kering dan mengelupas setelah menggunakan sabun mandi tertentu yang mengandung bahan kimia yang tidak cocok dengan kulitnya.