Apa itu Microfinance? Berikut Penjelasannya!

Like

2. Mengurangi Kemiskinan

Fungsi microfinance berikutnya adalah mengurangi kemiskinan di masyarakat menengah ke bawah. Selain memberi modal kepada pelaku UMKM, microfinance juga membiayai orang miskin yang ingin memulai usaha mereka sendiri.

Mereka yang mengembangkan usaha mereka dengan sukses akan mendapatkan penghasilan tetap dari keuntungan dari usaha tersebut, yang memberikan peluang bagi masyarakat untuk memperbaiki kondisi ekonominya.
 

3. Menambah Lapangan Kerja

Bisnis kecil dan menengah (UMKM) yang didorong oleh pendanaan microfinance memiliki peluang besar untuk mengembangkan bisnis mereka dan menghasilkan lapangan kerja baru karena kegiatan usahanya meningkat.

Oleh karena itu, untuk memulai operasional bisnis, diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang lebih besar. Ini akan membawa lebih banyak orang untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

 

Manfaat Microfinance

Microfinance memiliki banyak manfaat bagi individu dan usaha kecil, di antaranya:

Meningkatkan akses ke modal

Microfinance memberikan akses ke modal bagi individu dan usaha kecil yang biasanya tidak memiliki akses ke layanan keuangan tradisional.

Baca Juga: BPK Temukan Penyalahgunaan Dana Perjalanan Dinas PNS Sebesar Rp39,26 Miliar

 

Mendorong pertumbuhan ekonomi

Microfinance dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi dengan mendukung usaha kecil dan menciptakan lapangan pekerjaan.
 

Mengurangi kemiskinan

Microfinance dapat membantu mengurangi kemiskinan dengan memberikan individu kesempatan untuk meningkatkan pendapatan mereka.






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung