Ibadah Haji dan Pengarunya bagi Perekonomian Negara

Like

3. Penciptaan Lapangan Kerja 

Aktivitas haji membuka lapangan kerja baru, baik di Arab Saudi maupun di Indonesia yang berkaitan dengan layanan haji.

Lapangan kerja banyak dibutuhkan agar memberikan pelayanan yang maksimal bagi ratusan jamaah haji bahkan lebih.

Baca Juga: Haji Pembuka Rezeki, Perekonomian Meningkat?

 

4. Peningkatan Pendapatan 

Pelaksaan ibadah haji meningkatkan pendapatan dari berbagai sektor, seperti transportasi, akomodasi, dan konsumsi. 

Kegiatan sektor transportasi meliputi transportasi darat dan udara, dari pemberangkatan hingga pemulangan, dari negara asal hingga transportasi selama di Tanah Suci.


Kenaikan frekuensi transportasi darat maupun udara berdampak signifikat terhadap pendapatan perusahaan angkutan terkait.

Fasilitas penginapan atau asrama yang diberikan oleh pemerintah kepada jamaah haji Indonesia juga memberikan keuntungan. Perusahaan ketring yang bertanggung jawab terhadap keperluan pangan juga mendapatkan pendapatan lebih ketika musim haji.

Baca Juga: Selain Ibadah, Ini Dampak Haji Bagi Perekonomian!

 

5. Pemberdayaan UMKM

Usaha mikro, kecil, dan menengah atau disingkat UMKM mendapatkan kesempatan untuk berkembang dengan menyediakan barang dan jasa bagi jemaah haji.

Seperti keperluan sandang, perbekalan atau buah tangan, baik sebelum berangkat, selama di Tanah Suci, dan setelah kembali ke Tanah Air.

Di Indonesia, ibadah haji tidak hanya berdampak pada ekonomi mikro dan makro, tetapi juga memiliki potensi yang belum sepenuhnya digali oleh pemerintah, seperti pengelolaan dana haji yang lebih terintegrasi.

Secara keseluruhan, ibadah haji merupakan salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan pendapatan, yang pada akhirnya berkontribusi pada perekonomian negara secara keseluruhan.





----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung