Jangan Sampai Terjerumus, Hati-Hati Praktik Monkey Business!

Like

Tapi sadarkah kamu, bahwa keuntungan yang kamu terima dari main game tidak memiliki jaminan jelas? Kamu mungkin bisa untung, tapi hanya sekali atau dua kali saja. Sisanya, kamu harus mengeluarkan lebih banyak uang lewat pembelian daya/energi dalam rupa diamond, water, gold dan lainnya demi bisa terus memainkannya. 

Kedua, dalam bentuk lain misalnya praktik jual beli batu akik. Kelihatannya biasa-biasa saja, tapi nilai batu akik tidaklah stabil. Lihat saja, dulu waktu masih jadi tren, harga sebuah batu akik bisa menembus jutaan bahkan ratusan juta rupiah. Kini, hanya puluhan atau ratusan ribu saja. Kebanting banget kan? Kalau begini, kamu jelas-jelas rugi toh? 

Biar kamu gak terjerumus, sebaiknya kamu jangan mudah tergiur sama keuntungan yang diberikan. Seringkali mereka merekrut selebgram, artis atau sembarang orang yang tampil profesional supaya terlihat wow. Logikanya nih ya, mana ada sih kekayaan yang datangnya instan? Kalau mau kaya, ya harus kerja keras atuh.

Baca Juga: Mengenali Ciri-Ciri Modus Penipuan Pinjaman Online Ilegal

Terus nih, jangan serakah. Keserakahan biasanya menjadi akar dari bisnis sesajen, tuyul dan jimat. Mereka bahkan rela membayar miliaran untuk dapatkan jimat atau tuyul yang ‘pintar’ agar kekayaan mereka bertambah. Ini tentu beresiko tinggi membahayakan orang lain termasuk dirimu.


Jangan lupa, cek secara keseluruhan bagaimana sistem, kondisi dan legalitasnya. Jika memungkinkan, kamu bisa menanyai customer atau supplier terdahulu untuk tau rekam jejaknya secara jujur. Jangan hanya karena merasa FOMO terus kamu ikut-ikutan. 

Sudah siap berkomitmen untuk tidak terjerumus monkey business? 







----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung