Elaelo Media Sosial Lokal yang Bakal Ganti X?

Elaelo, medsos lokal yang viral karena diduga akan mengganti posisi X / Twitter (Sumbergambar: X @rahmdess27)

Elaelo, medsos lokal yang viral karena diduga akan mengganti posisi X / Twitter (Sumbergambar: X @rahmdess27)

Like

Akhir-akhir ini, netizen dihebohkan dengan hadirnya media sosial baru yang digadang-gadang sebagai pengganti X (Twitter) bernama Elaelo.

Banyak dari mereka yang menduga kalau Elaelo ini dibuat oleh pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Meskipun belum diluncurkan secara resmi dan belum tahu siapa pengembangnya, Elaelo sukses menimbulkan atensi masyarakat karena medsos lokal tersebut punya daya tarik yang tak biasa.

 

Benarkah Elaelo akan Ganti Posisi X?

Huru-hara Elaelo di jagat maya khususnya X (Twitter), disebabkan karena medsos tersebut punya karakteristik yang berbeda dari medsos pada umumnya.

Elaelo ini bentuknya bukan aplikasi, tetapi berupa laman website dengan alamat elaelo.id. Ketika mengunjungi laman website Elaelo, hal yang pertama kali muncul adalah simbol negara Indonesia yaitu Burung Garuda.

Baca Juga: Tim Cook Rilis Apple Intelligence Usai Gandeng OpenAI, Elon Musk Langsung Kasih Ancaman Blokir ke Apple!


Enggak cuma itu, tampilan dari website tersebut bertuliskan “Welcome to Elaelo - Medsos Lokal Pengganti X/Twitter”. Hal itulah yang membuat banyak warganet berspekulasi bahwa Elaelo ini dikembangkan oleh pemerintah. 

Halaman tampilan login akun dari Elaelo ini tidak jauh beda layaknya media sosial pada umumnya yang mengharuskan untuk memasukkan nama akun beserta kata sandi.

Apabila tidak punya akun, Elaelo juga akan menyarankan pengguna untuk membuatnya terlebih dahulu. 

Viralnya Elaelo ini membuat netizen ramai-ramai untuk mencoba mengakses website tersebut. Mereka menggunakan fake account/identity sebagai antisipasi penyalahgunaan data pribadi saat menelisik medsos lokal yang katanya buatan pemerintah itu.

Akan tetapi, padatnya akses bikin website mengalami perubahan. Melansir dari akun X milik @musuhphp, pada Senin (17/6/2024) kemarin, website menampilkan gambar topeng Guy Fawkes atau biasanya disebut topeng anonim.

Tulisan yang ada di tampilan laman website-nya pun ikut berubah jadi "Ela Elo is Coming, Big Features Will Be Ready".

Sementara pemilik akun X bernama @dhemit_is_back, menemukan informasi bahwa medsos Elaelo ini dikelola oleh perusahaan swasta bernama PT Aksara Digital.

Ketidakjelasan medsos lokal tersebut membuat publik jadi bertanya-tanya. Namun, para pengamat memperingatkan untuk berhati-hati ketika mengakses medsos Elaelo apalagi memberikan data-data pribadi selagi belum keluarnya info resmi dari pemerintah atau Kemenkominfo.