Tak Lolos PPDB, Segini Biaya Sekolah Swasta Bikin Geleng Kepala

Sumber Gambar: Sekolah.mu

Sumber Gambar: Sekolah.mu

Like

Orang tua perlu mempersiapkan biaya pendidikan anak, dengan cara membuat tabungan terpisah khusus untuk biaya pendidikan sang anak mulai dari SD sampai Perguruan tinggi.

Orang tua juga perlu memperhatikan akan kenaikan biaya pendidikan yang terus naik tiap tahunnya.

Terkadang yang membuat bingung untuk menentukan sekolah di mana adalah orang tua, karena mereka yang memilih dan memilah sekolah terbaik bagi anaknya.

Tentunya fasilitas serta biaya akan menjadi pertimbangan para orang tua. Biaya tak menjadi masalah jika kondisi ekonomi orang tua mampu.

Baca Juga: PPDB dan Persiapan Keuangan yang Harus Dilakukan


Namun, bagi sebagian orang tua yang hidup pas-pasan menjadi pikiran bagi mereka, karena untuk kebutuhan sehari-hari masih pas-pasan apalagi memasukkan anak ke sekolah dengan biaya yang tinggi.

Bagi orang tua dengan kondisi ekonomi yang mumpuni, biaya tak jadi soal. Namun, bagi sebagian besar orang tua yang hidup pas-pasan, memasukkan anak ke sekolah dengan biaya pendidikan yang cukup mahal menjadi masalah tersendiri bagi mereka. 

Agar bisa mengetahui biaya pendidikan mulai dari sekarang karena biaya masuk sekolah terdiri dari beberapa diantaranya biaya pendaftaran, yang pangkal atau bangunan serta SPP.

Terdapat pula biaya tambahan lainnya seperti uang kegiatan, biaya operasional lainnya. Orang tua bebas memilih pendidikan untuk anak, baik itu pendidikan negeri maupun swasta.

Tetapi keduanya memiliki rincian yang berbeda, karena sekolah negeri lebih terjangkau dengan adanya bantuan dari pihak pemerintah, sedangkan untuk sekolah swasta biaya pendidikannya cukup tinggi disebabkan ketersediaan fasilitas dan program kegiatan lainnya.