Potensi Wisata Lokal Embung Batu Beureum di Desa Mekar Mukti

Like

Fasilitas dan Daya Tarik Embung Batu Beureum

Selain nilai sejarahnya, Embung Batu Beureum juga menawarkan berbagai daya tarik modern yang tak kalah menarik.

Di embung ini terdapat replika-replika jembatan terkenal di Indonesia, seperti Jembatan Ampera di Palembang, Jembatan Suramadu di Surabaya-Madura, dan Jembatan Barelang di Batam.

Replika-replika ini bukan hanya menambah keindahan visual, tetapi juga menjadi spot foto favorit bagi para pengunjung.

Meskipun dari bambu replika-replika ini dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai aslinya. Memberikan pengalaman visual yang unik bagi para pengunjung.

Pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang jembatan-jembatan ikonik Indonesia tanpa harus jauh-jauh pergi ke lokasi aslinya.


Hal ini tentu menjadi nilai tambah bagi Embung Batu Beureum, terutama bagi wisatawan yang gemar berburu foto Instagramable.

Baca Juga: Biar Tetap Eksis, Menparekraf Akan Sulap Pasar Buku Kwitang Jadi Zona Wisata Literasi!

 

Potensi Ekonomi dan Pengembangan Wisata Kuliner

Dengan semakin banyaknya pengunjung, Embung Batu Beureum membuka peluang usaha bagi warga sekitar untuk menambah penghasilan.

Salah satu sektor yang potensial untuk dikembangkan adalah wisata kuliner. Di sekitar embung, warga dapat membuka warung yang menyajikan makanan dan minuman lokal. 

Warung-warung yang dibuka dapat menyajikan makanan khas daerah seperti nasi liwet, pepes ikan, atau gorengan.

Selain itu, minuman tradisional seperti es cendol, es dawet, atau jamu juga bisa menjadi daya tarik tersendiri. Menikmati makanan dan minuman lokal sambil menikmati pemandangan embung yang indah tentu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi para pengunjung.

Selain itu Embung Batu Beureum juga memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai ekowisata.

Dengan view persawahan yang luas, air yang melimpah, dan tiupan angin yang sejuk, tempat ini sangat cocok untuk aktivitas rekreasi yang ramah lingkungan.