Industri Tekstil Lokal Melempem, Luhut Malah Gelar Karpet Merah Buat China: Ini Kemungkinan Dampaknya!

Like

6. Dominasi Asing

Dominasi perusahaan China dalam sektor tekstil akan membuat pemerintah Indonesia kesulitan mengkontrol industri strategis ini.
 

7. Penyusutan Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

UKM di sektor tekstil mungkin kesulitan bertahan karena kompetisi dari perusahaan besar China, yang dapat mengakibatkan penyusutan atau penutupan UKM tersebut.

 

8. Dampak pada Rantai Pasokan

Penurunan industri tekstil lokal dapat mempengaruhi rantai pasokan domestik, termasuk pemasok bahan baku dan distributor.

Baca Juga: China Ciptakan Baterai yang Bisa Diiisi Ulang dalam Tubuh Manusia

 

9. Kesenjangan Sosial

Pengangguran dan penutupan usaha lokal dapat meningkatkan kesenjangan sosial dan ekonomi di masyarakat.
 

10. Migrasi Tenaga Kerja

Pekerja yang kehilangan pekerjaan mungkin harus bermigrasi ke daerah lain atau beralih ke sektor informal, yang bisa menimbulkan masalah sosial baru.


 

11. Praktik Produksi yang Kurang Ramah Lingkungan

Industri tekstil China dikenal memiliki beberapa praktik produksi yang kurang ramah lingkungan. Masuknya perusahaan-perusahaan ini bisa memperburuk kondisi lingkungan di Indonesia jika tidak diawasi dengan ketat.

Dengan mempertimbangkan banyaknya dampak negatif ini, semoga pemerintah lebih bijak dalam membuat kebijakan yang lebih berpihak terhadap industri lokal dan kepentingan masyarakat Indonesia.

Pengelolaan dampak negatif ini sangat membutuhkan kebijakan yang tepat dari pemerintah. Termasuk dukungan untuk industri lokal, peningkatan keterampilan tenaga kerja, dan pengawasan ketat terhadap praktik bisnis asing.

Terlepas dari faktor-faktor penyebab hancurnya Industri textile Indonesia, seyogyanya kebijakan baru menjadi solusi atas permasalahan yang ada. Bukan menambah masalah baru yang semakin membuat industri dalam negeri semakin terpuruk.





----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung